Tanamkan Sikap Peduli Lingkungan, Kemah Bhakti MAN 1 Yogyakarta Gelar Bakti Sosial

10 Apr 2017, 02:14 MAN 1 Yogyakarta 1905

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)--Sejak awal berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia sangat fokus terhadap pengembangan kehidupan generasi muda, khususnya pembentukan watak dan kepribadian, misalnya selalu ditanamkan setiap anggota agar mempunyai sikap peduli lingkungan. Untuk menanamkan nilai tersebut, peserta Kemah Bhakti MAN 1 Yogyakarta, Ahad(9/4)pagi lakukan bakti sosial, di lingkungan warga Bumi Perkemahan Girikaton, Hargobinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta.

Sebagaimana program kegiatan pada hari ke-2 kemah bhakti tersebut, usai sholat subuh, mereka melakukan senam pagi, pukul 05.30 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Setelah makan pagi, kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial.

Koodinator Humas Kemah Bhakti Alifah Irene Marnissi menerangkan, tujuan dari kegiatan adalah sebagai bentuk bakti Pramuka terhadap masyarakat, serta sebagai ajang silaturrahim denga warga sekitar. “Melatih para peserta kemah untuk peduli terhadap lingkungan masyarakat,”ujarnya.

Alifah menambahkan, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan bakti sosial di 5 area sekitar Bumi Perkemahan, dengan pendampingan Sangga Kerja dan guru pembimbing.

Tampak para peserta berbaur dengan masyarakat sekitar dan mengikuti kegiatan ini penuh antusias. Mereka bergotong-royong membersihkan jalan dan masjid, serta membantu warga sekitar untuk membuat saluran air. Lebih dari itu para peserta juga turut serta membersihkan makam bersama warga, yang biasanya lazim dilakukan warga jelang Ramadhan.

Salah satu peserta Bakti Sosial Andika Satria Putra menuturkan, Ia mengikuti kegiatan ini dengan senang hati. Pasalnya, ia merasa mendapatkan pengalaman, dan bisa mengenal warga sekitar.

Selain itu di hari ke-2 ini juga digelar beberapa lomba antara lain, Asah Terampil, Hasta Karya, Cerdas Cermat, Pionering, dan lomba masak. (shs/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15