Tak Hanya Baris Berbaris, PBB TONTI SAGARA MAN 1 Yogyakarta juga Ajarkan Etika dan SATOTEMA

17 Jul 2024, 22:48 MAN 1 Yogyakarta 267

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) – TONTI SAGARA telah sukses melaksanakan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) pada hari pertama Matsama MAN 1 Yogyakarta, Selasa (9/07/24). Adapun kegiatan yang dilakukan pada hari pertama ini adalah materi ruang baris berbaris seperti SATOTEMA (SAlam, TOlong, TErimakasih, MAaf) kemudian ada pula materi 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) yang dilanjutkan dengan materi etika, seperti etika berjalan, etika membawa barang, etika bertanya dan lain-lain.

Kegiatan selanjutnya adalah materi lapangan baris berbaris yang dilaksanakan di halaman MAN 1 Yogyakarta, seperti sikap siap, sikap istirahat, sikap hormat dan lain-lain. Setelah itu barulah kakak Pendamping Kelas (PK) masing-masing mengajarkan praktik langsung dilapangan.

Manfaat dari kegiatan ini antara lain adalah untuk melatih jiwa kedisiplinan para peserta didik baru dan menerapkan etika adab sopan santun kepada siapapun dan dimanapun. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 12.30 sampai 15.00 WIB. Kegiatan ini ditutup dengan apel penutupan. 

Pada apel penutupan, Scheva Ammar Al Khalifi, selaku ketua umum TONTI SAGARA menyampaikan amanat kepada peserta Matsama agar dapat mencerna dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat hari ini.

"Terimakasih karena sudah mengikuti PBB ini dengan baik. Harapannya apa yang sudah diajarkan oleh kakak-kakak pendamping bisa diterapkan dikemudian hari maupun ketika besok akan lomba." tutup Scheva. 

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan evaluasi kerja panitia per divisi. Harapannya agar dihari selanjutnya kegiatan bisa terkondisi dengan lebih baik lagi. (vie)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46

Peringati Hari Santri, MAN 1 Yogyakarta Adakan Manasik Haji
16 Oct 2024, 00:42