Siswa Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara di Ajang Olimpiade Internasional

23 Jan 2024, 20:59 MAN 1 Yogyakarta 707

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Kembali torehkan prestasi, siswa dan siswi MAN 1 Yogyakarta harumkan nama madrasah di tingkat internasional. Ahmad Fadhil dan RA. Luthfia Hapsari Kusumawardhani berhasil membawa pulang medali perunggu di ajang OLGENAS International Geolympiad 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM).
 
Pada sesi wawancara, Ahmad Fadhil sebagai perwakilan mengaku bahwa ajang olimpiade ini dapat dibilang termasuk salah satu olimpiade geografi dengan soal yang cukup sulit. Karena skala internasional maka setiap soal yang ada menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut membuat keduanya tertantang untuk ikut serta dalam ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada tersebut.

“OLGENAS ini dikenal dengan salah satu soal olimpiade yang cukup sulit, karena setiap soalnya menggunakan bahasa Inggris. Mengingat lomba ini tingkat internasional, jadi pesertanya tidak hanya dari dalam negeri saja, tapi ada pula dari luar negeri,” ujarnya.
 
Mereka tidak banyak memiliki waktu untuk persiapan, karena adanya tugas dari sekolah sehingga mereka harus membagi waktu. Hal yang mereka lakukan adalah dengan mempelajari soal-soal tahun lalu dan literasi buku berbahasa Inggris. Dengan persiapan yang dibilang mepet, keduanya sempat ragu untuk bisa meraih juara di ajang tersebut, namun ternyata mereka bisa membawa pulang medali.

“Jangan takut untuk ikut berbagai perlombaan, karena itu adalah bagian dari perjalanan menuju target yang ingin diraih. Pesanku yang kedua, khususnya untuk teman-teman yang berminat di bidang geografi, perbanyak pengetahuan mengenai fenomena-fenomena, baik melalui sosial media ataupun berita,” pungkas Ahmad di akhir sesi wawancara. (sab/nay/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54