Siswa MAN 1 Yogyakarta Menjadi Narasumber Pengajaran Mikro Studium Generale Prodi Biologi UAD Yogyakarta

24 Mar 2022, 02:02 MAN 1 Yogyakarta 751

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Siswa MAN 1 Yogyakarta, Ahmad Aufa Onnajiha (XI MANPK) dan Hafiyyan Aji Nugroho (XI MIPA 4) mengikuti kegiatan Studium Generale Pengajaran Mikro Mata Pelajaran Biologi Sharing Bersama, yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (19/03/2022), pukul 09.00-11.40 WIB., secara online melalui Zoom Meeting.

Kegiatan Studium Generale ini bertujuan sebagai wadah sharing evaluasi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh siswa MAN 1 Yogyakarta, Ahmad Aufa Onnajiha (XI MANPK) dan Hafiyyan Aji Nugroho (XI MIPA 4), Enes Tiara Evanda, S,Pd. (Guru SMA Al-Muslim-Sidoarjo, Jawa Timur), Dr. Novi Febrianti S.Si., M.Si. (Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UAD), seluruh mahasiswa Pengajaran Mikro Prodi Biologi UAD, dan akademisi-akademisi serta pengajar Prodi Biologi UAD.

Studium Generale ini mengusung tema “Pengajaran Mikro Mata Pelajaran Biologi Sharing Bersama” dengan menghadirkan narasumber Enes Tiara Evanda, S.Pd. guru dari SMA Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur dan Ahmad Aufa Onnajiha (XI MANPK) selaku ketua Kelompok Ilmiah Remaja “Ulil Albab” (KIR LIBA) MAN 1 Yogyakarta.

Dalam acara sharing tersebut, Aufa mewakili para peserta didik MAN 1 Yogyakarta menyampaikan saran-saran dan evaluasi PJJ menurut perspektif siswa MAN 1 Yogyakarta berdasarkan hasil riset kepada audiens-audiens yang sebagian besar merupakan mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di dunia pendidikan. Enes menjabarkan solusi-solusi permasalahan PJJ sebagai metode pengajaran PPL mahasiswa Prodi Biologi UGM.

“Ada empat cara efektif yang dapat kalian lakukan dalam melaksanakan praktik pembelajaran secara PJJ, yaitu mendesain flipped classroom, memperbanyak aktivitas siswa, meminimalisasi tugas, dan memberi reward kepada siswa,” terang Enes.

Staf akademisi Prodi Biologi UAD, Nani Aprilia, S.Pd., M.Pd. selaku penanggungjawab pelaksanaan PPL sangat mendukung evaluasi dan saran PJJ dari perspektif siswa sebagai semangat inspirasi ide inovasi kegiatan PPL di lapangan.

“Masalah yang terjadi sudah disampaikan langsung dari objek target, yaitu siswa-siswa kita. Maka, kita jadikan evaluasi dan saran mereka sebagai dasar kegiatan PPL kalian. Penyampaian materi pembelajaran yang sesuai dengan sudut pandang siswa akan sangat efektif dan mudah diterima oleh peserta didik,” ujar Nani. Dr. Novi Febrianti S.Si., M.Si.

Juga mengapresiasi seluruh pandangan-pandangan dalam forum sharing ini. “Terima kasih banyak atas gambaran-gambaran kondisi PJJ yang diberikan. Sharing ini menjadi sejarah awal bagi kami membuka dari sudut pandang siswa. Diharapkan PPL yang akan dilaksanakan berhasil merealisasikan apa yang disampaikan narasumber sekalian,” pungkasnya di sesi penutupan acara. (aao/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07