Siswa MAN 1 Yogyakarta Borong Kejuaraan Olimpiade Matematika UPY Yogyakarta

09 Jan 2017, 16:28 MAN 1 Yogyakarta 1975

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)- Empat siswa MAN 1 Yogyakarta borong kejuaraan pada Olimpiade Matematika yang digelar oleh Universitas PGRI Yogyakarta (UPY). Kompetisi ini dihelat dalam rangka UMF atau singkatan dari UPY Mathematics Fest yanggelar untuk tingkat MA/SMA/SMK se-DIY yang terdiri dari Dari 5 rayon lingkup DIY yaitu Kota Yogyakarta, Sleman, Gunung Kidul, Kulonprogo, dan Bantul.

Ada kategori SMA: IPA dan IPS, kemudian SMK:teknik dan non teknik. Selain itu, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu tahap penyisihan, pada 27 November 2016 bulan lalu, di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Kemudian tahap penyisihan ini terseleksi 5 siswa tiap bidangnya, untuk menlanjutkan ke tahap final, yang digelar pada Senin, 19 Desember 2016 kemarin.

MAN 1 Yogyakarta mengirim 6 siswa untuk mengikuti kompetisi ini, yaitu Carlo Abimanyu, Khoirun Nisa, Muhammad Faiz S, Dana Fatadilla Rabba, Nuur Khasanah, dan Gabriel Batistuta Al Farisi.

Pada akhirnya, setelah melalui tahapan seleksi yang ketat, akhirnya 4 siswa utusan MAN 1 Yogyakarta berhasil borong kejuaraan. Mereka adalah Muhammad Faiz S raih juara 1 kategori IPA, Dana Fatadilla Rabba raih juara 2 kategori IPS, Khoirun Nisa raih juara 3 kategori IPA, dan

Gabriel Batistuta Al Farisi raih juara 3 kategori IPS.

Pihak panitia penyelenggara memberikan kepada para pemenang berupa Sertifikat, uang pembinaan dari tabungan Bank BNI, dan voucher movie box.

Salah satu peserta Dana Fatadilla Rabba atau yang akrab disapa Dana ini mengaku, merasa senang sekali atas keberhasilannya ini. “Yang jelas senang, ndak nyangka, apalagi iseng-seng doang,”ujarnya saat dikomfirmasi.

Dana juga berkenan berbagi Tips, bagaiamana cara mudah untuk belajar matematika. “Yang penting suka, terus tekun,”ujarnya.

Lanjut Dana, kalau seandainya ada soal, tetapi belum mengetahui cara menyelesaikannya, ia menyarankan untuk menanyakan kepada orang lain sampai mengerti dan mengetahui cara penyelesaiannya. “Jangan gampang menyerah, nanti juga akan terbiasa,”Imbuhnya.

Atas prestasi ini, ia juga berharap agar disusul oleh siswa yang lain, lebih banyak lagi, sehingga banyak yang termotivasi. Pasalnya, kalau demikian menurutnya para siswa akan punya motivasi untuk belajar matematika. Namun hal itu, lanjut Dana butuh dukungan dan bantuan dari para guru. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50