Siswa Kelas XII MAN 1 Yogyakarta Jalani TPHBS Tahun 2022

07 Mar 2022, 10:17 MAN 1 Yogyakarta 712

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Sebanyak 254 siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta mengawali Tes Penjajakan Hasil Belajar Siswa (TPHBS), yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga DIY, Senin (7/03/2022) pagi, secara online. Tes ini akan berlangsung hingga Kamis (17/03/2022) mendatang.

Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Yogyakarta Taufik Zamhari, M.Sc., menjelaskan, tes ini bertujuan untuk pemetaan mutu hasil belajar siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagai persiapan menghadapi ujian madrasah dan  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Lanjutnya, tes dilaksanakan secara online. Pasalnya, masih dalam masa pandemi maka pengerjaan dapat dilakukan di laboratorium komputer dan di rumah.

Pengerjaan di rumah bagi mereka yang sedang sakit, melakukan isolasi mandiri, dan atau tidak diijinkan orang tua karena khawatir terhadap penularan Covid–19 dengan mengirimkan bukti fisik surat keterangan dan atau surat izin orang tua.

Kemudian, ungkap Taufik, pengawasan secara optimal dengan pemberian kepercayaan dan tanggung jawab kepada siswa melalui pengisian pakta integritas untuk melaksanakan TPHBS dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan kejujuran. Selain itu, aplikasi TPHBS dapat mengunci Personal Computer (PC) atau laptop untuk tidak dapat membuka aplikasi yang lain. Pengawasan di lab komputer dilakukan oleh guru pengawas.

“Semoga siswa dapat mengerjakan TPHBS dengan sungguh-sungguh dan jujur sehingga dapat sebagai bahan evaluasi persiapan diri untuk menghadapi Ujian Madrasah dan UTBK,” harapnya.

Ia juga berharap, hasil TPHBS ini dapat memetakan MAN 1 Yogyakarta dengan rangking yang baik sehingga MAN 1 Yogyakarta layak menjadi sekolah unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nasional pada umumnya. 

“Usaha madrasah dalam rangka kesuksesan siswa kelas XII antara lain dengan kegiatan motivasi, home visit, dan pendampingan, pendalaman materi, try out, uji coba dan simulasi, do’a dan dzikir bersama,” pungkasnya.

Informasi penerimaan peserta didik baru MAN 1 Yogyakarta, klik: ppdb-man1yk.com (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00