Siap Hadapi Tantangan, Pecinta Alam MAN 1 Yogyakarta Gelar Diklatsar

09 Jan 2017, 16:40 MAN 1 Yogyakarta 2022

this used to be photo

Sleman(MAN 1 Yogyakarta)- Tantangan seperti bencana alam yang datang tanpa diduga, menuntut kita untuk mempersiapkan diri. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Organisasi Pencita Alam, Kelompok Petualang Gunung dan Rimba(KPGR) ‘Lebah Gunung’ MAN 1 Yogyakarta, baru-baru ini selenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar(Diklatsar), selama 4 hari(17-20 Desember 2016), di Klangon, Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Agenda ini digelar tiap tahun. Dan ini merupakan Diklatsar ke-16, yang diikuti oleh 28 orang, yang terdiri 16 putra dan 13 putri. Dengan menerjunkan 16 orang panitia dari siswa, yang didamping guru dan para alumni.

Ketua Panitia Mursyid Abdurrouf menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari materi ruang yang telah dipelajari kurang lebih 5 bulan sebelum diklatsar ini, di antaranya Rappelling, Ilmu Medan Peta Kompas, Survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Bivak (alam&semi alam), dan Packing.

Kegiatan ditutup dengan pelantikan anggota baru KPGR Lebah Gunung. Ketua Panitia yang akrab disapa Mursyid ini, berharap agar para peserta yang telah dilantik bisa berkontribusi dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh KPGR, baik itu bersifat intern maupun ekstern.

Lebih dari itu, Mursyid menginginkan para perserta mempunyai pribadi yang kuat mental dan fisik, yang bisa mengikuti keteladanan para seniornya. “Di dalam Diklatsar sendiri kita menanamkan sifat kekeluargaan, kepemimpanan, dan kesiapsiagaan(dalam menghadapi segala tantangan-red),”Terang siswa yang duduk di kelas XI Program Studi Bahasa itu.

Sementara itu Pembina KPGR ‘Lebah Gunung’ Soeprastiyono Nugroho, M.Pd.I. berharap agar para peserta ini bisa mengimplentasikan materi dan pengalaman yang didapat di madrasah.

Lebih dari itu, ia juga berharap agar mereka, yakni anggota KPGR menjadi “garda terdepan” di madrasah ini, untuk menuju Adiwiyata. “Respek terhadap lingkungan sekitar,”pintanya.

“Ke depannya KPGR ini akan dibentuk sub organisasi yang menangani sampah yang tergabung dalam ‘Gerakan Peduli Sampah’ atau disingkat dengan ‘Gelisah’,”terangnya, Rabu(21/12)pagi.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54