Si Sapa Kemenag Kota Yogyakarta, Kepala MAN 1 Yogya: Kemitraan Madrasah Sangat Penting

05 Apr 2021, 01:38 MAN 1 Yogyakarta 656

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)--Dalam Kegiatan Siaran Sapa Pagi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama  Kota Yogyakarta, Senin (5/4/2021). Kepala MAN 1 Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi, M. Pd.  menjadi narasumber Kegiatan Siaran Sapa Pagi (Sisapa), diikuti oleh cukup banyak peserta, yaitu 102 peserta, dan juga disiarkan melalui  channel youtube MAN 1 Yogyakarta: https://www.youtube.com/watch?v=e6mX4ckkO2U&feature=youtu.be

Dalam paparannya Wiranto menyampaikan bahwa kemitraan madrasah sangat penting demi mewujudkan pendidikan unggul  yang berkualitas. Sumber daya MAN 1 Yogyakarta terkadang masih kurang untuk mencukupi berbagai kebutuhan dan tuntutan yang ada.  Sehingga pihak ketiga yang bersedia membantu diterima dengan tangan terbuka. Pihak ke 3 membantu mewujudkan berbagai prestasi yang ada di madrasah, khususnya MAN 1 Yogyakarta.

Dengan kemitraan ini maka didapatkan berbagai solusi. Antara lain sebagai mitra  adalah peran alumni MAN 1 Yogyakarta yang tergabung dalam Al Hakim Scholarship. Al Hakim Scholarship membantu memberikan beasiswa bagi anak yg tidak mampu, ataupun anak yg berprestasi. Termasuk juga yang mendapatkan beasiswa adalah anak yang memiliki kemampuan tahfidz. Sebagai contoh tahun kemarin terdapat siswa yang diterima di Mesir tetapi kurang biaya, maka Al Hakim Scholarship, memberikan bantuan. Sehingga anak tersebut bisa berangkat dan melanjutkan pendidikan ke Mesir.

Terkait kondisi jaman  yang semakin berkembang menuju teknologi 5.0. Maka MAN 1 Yogyakarta menggandeng mitra PT WABI. Dengan kemitraan tersebut maka MAN 1 Yogyakarta meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Digital MAN Satu(Sidimas). Adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mempermudah layanan bagi siswa, orang tua siswa dan juga  masyarakat. Bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Sidimas bisa digunakan untuk memantau perkembangan nilai siswa, kehadiran siswa, agenda kesiswaan, jadwal ekstrakurikuler, konsultasi bimbingan dan konseling, bahkan layanan administrasi madrasah. Sehingga aplikasi ini sangat memudahkan bagi orang tua yang ingin melihat perkembangan anaknya.  Cukup klik pada HP atau laptop maka informasi yang dibutuhkan akan tersedia.

Selain Sidimas, diluncurkan juga Merci Podcast. MERCI adalah singkatan dari Media Edukasi Generasi Cerdas dan Islami, Selain itu juga ada KOPI atau Kisah Opini Profil yg Inspiratif.

Dalam program KOPI guru bisa menjadi narasumber. Bahkan bisa jadi suatu saat Kepala KUA juga bisa , misalnya membahas tema Pernikahan Dini, ataupun Moderasi Beragama.

Kegiatan Si Sapa diakhiri dengan diskusi.

”Mohon doa agar MAN 1 Yogyakarta makin baik kinerjanya dan mampu mempersembahkan prestasi sebanyak-banyaknya, serta sukses dalam mencerdaskan amanah berupa anak didik,” ujarnya. (nrs/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pukau Asesor, Kepala MAN 1 Yogyakarta Presentasikan Program Unggulan
17 Sep 2024, 14:30

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45