Sholawat Nabi Menggema Di MAN 1 Yogyakarta Pada Malam ‘Asyuura

21 Sep 2018, 03:13 MAN 1 Yogyakarta 1138

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)—Banyak peristiwa penting yang terjadi pada 10 Muharram atau Yaumu ‘Asyuura, khususnya peristiwa yang terkait dengan kenabian. Antara lain, Nabi Adam as diterima tobatnya, Nabi Nuh as selamat dari dari banjir, Nabi Ibrahim as selamat dari api yang membakarnya, Nabi Yunus as keluar dari perut ikan, dan Nabi Musa as dan umatnya selamat dari pengejaran Fair’aun di laut Merah.

Untuk itulah, banyak umat Islam yang berpuasa ‘Asyuura dan mengadakan peringatan, agar dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari banyak peristiwa tersebut. Seperti Pondok Pesantren Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta yang menyelenggarakan pembacaan sholawat Nabi dan maulid Nabi yang berjudul Simtudduror karya Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Rabu(19/9) malam, di Masjid Al-Hakim lantai 2.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri putra dan putri, para ustadz dan ustadzah, dan yang istimewa adalah pembacaan simtudduror dipandu langsung oleh Habib Abdullah bin Husein Asegaf dan Habi Zein Aljufri, yang keduanya merupakan keturunan Rasulullah saw.

Pembacaan maulid nabi simtudduror berlangsung khidmat dan meriah. Di sela-sela pembacaan itu, disambung pembacaan sholawat nabi dengan iringan musik hadroh santri Al-Hakim.

Habib Abdullah bin Husein Asegaf menuturkan, baginya madrasah ini tidaklah asing baginya. Sebab sekitar tahun 1993 hingga tahun 1997, ia pernah mempunyai usaha optik di samping madrasah. “Setiap jumat, saya sholat jumat di masjid ini,”kenangnya.

Pada kesempat itu ia berpesan kepada para santri agar, bersungguh-sungguh dalam belajar dan menuntut ilmu. “Mintalah sama Allah, hadapilah ujian, dan jangan takut. Insya Allah semua bisa didapat dengan mudah,”ujarnya.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hakim yang juga Wakamad MAN 1 Yogyakarta Bidang Keagamaan Suyanto, M.Pd., menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan rasa gembira dan terima kasih atas kehadiran para habaib.

“Semoga kegiatan ini dapat mengantarkan anak-anakku menjadi orang-orang yang sholeh dan bermanfaat, serta menjadi generasi pemimpin bangsa,”harapnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15