Setelah 2 Tahun Ditiadakan, Tahun Ini PBB MATSAMA 2022 Kembali Digelar

16 Jul 2022, 12:30 MAN 1 Yogyakarta 656

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) – Tahun Pelajaran Baru 2022/2023 telah tiba, saatnya murid baru membuka lembaran baru, teman baru, guru baru, lingkungan baru, ruangan baru. MAN 1 Yogyakarta mengadakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta.

Setelah 2 tahun ditiadakan karena Pandemi COVID-19, MATSAMA tahun ini kembali menghadirkan Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) yang dilaksanakan selama 2 hari dari 12 s/d 13 Juli 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pleton Inti (TONTI) Mansa yang setiap tahun ajaran baru diwajibkan bagi peserta untuk mengikuti kegiatan ini.

Tahun ini peserta mencapai sebanyak 278 siswa siswi baru MAN 1 Yogyakarta. Sebanyak 29 panitia dari TONTI Mansa turut berpartisipasi melatih ilmu dasar dari PBB ke peserta didik baru. 

Hari pertama, Selasa (12/07/2022) diawali dengan sholat dhuhur berjamaah di masjid Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta. Kemudian peserta PBB diarahkan oleh panitia PBB untuk melaksanakan apel pembuka PBB hari pertama yang dibina oleh Dinar Rifa'i, S.Pd. selaku pembina Tonti Mansa. Kemudian dilanjutkan dengan materi ruang mencakup etika berjalan, masuk ruang, bertanya, menjawab, SATOTEMA (salam, tolong, terima kasih, dan maaf), 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun) yang dijelaskan oleh Pendamping Kelas (PK) dan Pengawas Pendamping Kelas (PPK).

Setelah materi ruang disampaikan, peserta dibariskan di depan masing-masing kelas didampingi oleh PK dan PPK menuju ke lapangan basket untuk melaksanakan agenda berikutnya yakni pemberian materi lapangan yang mencakup materi dasar dari PBB. Kemudian para peserta dibariskan untuk melaksanakan apel penutup.

Hari kedua yakni Rabu (13/07/2022) melanjutkan agenda dari hari pertama. Untuk mengawali rangkaian acara di hari kedua, seluruh peserta dan panitia melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid yang dilanjutkan pengarahan peserta ke lapangan untuk melaksanakan apel pembukaan PBB hari kedua yang dilaksanakan di lapangan basket MAN 1 Yogyakarta.

Setelah apel dilaksanakan, seluruh peserta menuju ke kelas masing-masing untuk diarahkan bersama menuju lapangan untuk review materi PBB didampingi oleh PK dan PPK.

Agenda selanjutnya yaitu penjelasan petunjuk teknis praktek PBB dimana seluruh peserta akan melaksanakan praktek PBB dari apa yang telah diajarkan PK dan PPK dari hari pertama. 

Praktik PBB dimulai, masing-masing kelas menampilkan baris berbaris yang telah mereka pelajari di depan juri sebagai penilai. Setelah itu, peserta dibariskan di lapangan basket untuk menampilkan yel-yel dari masing-masing kelas. Kemudian dilanjutkan apel penutupan PBB.

Dalam amanatnya, Dinar Rifa'i, S.Pd. selaku pembina apel menjelaskan bahwa kegiatan ini melatih kedisiplinan siswa terhadap waktu dan tempat, mendidik siswa cinta dan bangga terhadap bangsa Indonesia, mempererat persaudaraan, dan menciptakan kekeluargaan. Hal itu sesuai dengan tema PBB kali ini yaitu "Rapatkan Barisan, Satukan Kekompakan."

Ayesha Shifa Maharani, selaku Ketua Panitia PBB tahun ini berharap bahwa setelah siswa-siswi baru mengikuti kegiatan ini dapat mengasah kemampuan mereka dalam baris berbaris, melatih fisik setelah pandemi, serta dapat mengakrabkan antar satu sama lain. (kia/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50