Santri MANPK MAN 1 Yogyakarta Borong Piala di Kejuaraan NUSANTARA 2023

22 Dec 2023, 22:21 MAN 1 Yogyakarta 454

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) - Santri MANPK MAN 1 Yogyakarta meraih prestasi luar biasa dalam kejuaraan NUSANTARA (Nahdlatul Ulama Science and Cultural Art) di tingkat nasional, yang diselenggarakan Universitas Islam Indonesia (UII). Lomba ini dimulai sejak bulan Oktober dengan tahap kualifikasi online dengan pengumpulan video kemudian dikirim, dan dari hasil video itu dipilihlah para finalis untuk mengikuti babak final di UII.

Tim MSQ (Musabaqah Syarhil Quran) dengan anggota Maftuh Basthul Birri, M Fatih El-Haq, dan M. Arfan Dhiyaulhaq berhasil meraih juara 3 dalam kategori MSQ. Tak kalah membanggakan, Alvaro Nauval Arifin berhasil raih juara 3 dan Mumtaz Ahmad Fathi yang juga berhasil meraih juara Harapan 1 di bidang MTQ.

Final MSQ berlangsung pada tanggal 16 November 2023 di Auditorium Kahar Mudzakkir, sementara itu final MTQ berlangsung pada tanggal 17 November 2023 di Masjid Ulil Albab. Kedua kejuaraan ini merupakan hasil kerjasama antara Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dengan UII. Pada hari perlombaan tersebut terlihat bahwa rata-rata pesertanya adalah kalangan mahasiswa, tetapi hal tersebut tidak membuat santri MANPK MAN 1 Yogyakarta patah semangat.

“Banyak bertemu orang baru maka banyak pula ilmu baru yang didapat,” begitulah yang dapat diungkapkan dari pengalaman yang didapat.

Mumtaz Ahmad Fathi, salah satu peserta MTQ, berbagi pengalaman persiapannya.
"Untuk persiapan final perlombaan tersebut kami berlatih setiap malam di masjid. Yang MSQ latihan penyampaian masing-masing bagian, sedangkan MTQ latihan berbagai maqra, untuk effort latihan lumayan, kadang sampai larut, tapi ya alhamdulillah capeknya tidak sia-sia, latihan sebulan itu hasilnya alhamdulillah menang."

Keberhasilan ini tentu tidak hanya menjadi kebanggaan bagi MANPK MAN 1 Yogyakarta, tetapi juga mencerminkan semangat dan komitmen siswa-siswa dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan. Sementara itu, prestasi mereka bukan hanya sebagai catatan keberhasilan, tetapi juga sebagai sarana memperluas jejaring dan pengalaman sosial. (fii)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54