Santri MAN PK MAN 1 Yogyakarta Borong Piala di Kejuaraan NUSANTARA 2023

27 Nov 2023, 12:45 MAN 1 Yogyakarta 328

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) - Santri MANPK MAN 1 Yogyakarta meraih prestasi luar biasa dalam kejuaraan NUSANTARA (Nahdlatul Ulama Science and Cultural Art) di tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia (UII). Lomba ini dimulai sejak bulan Oktober dengan tahap kualifikasi online dengan pengumpulan video yang dikirim dan dipilih para finalis untuk mengikuti babak final di UII.

Tim MSQ (Musabaqah Syarhil Quran) dengan anggota Maftuh Basthul Birri, M Fatih El-Haq, dan M. Arfan Dhiyaulhaq berhasil meraih juara 3 dalam kategori MSQ. Tak kalah membanggakan, Alvaro Nauval Arifin berhasil raih juara 3 dan Mumtaz Ahmad Fathi yang juga berhasil meraih juara Harapan 1 di bidang MTQ.

Final MSQ berlangsung pada Kamis (16/11/2023) di Auditorium Kahar Mudzakkir dan final MTQ berlangsung pada Jumat (17/11/2023) di Masjid Ulil Albab. Kedua kejuaraan ini merupakan hasil kerja sama antara Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dengan UII. Pada hari perlombaan tersebut terlihat bahwa rata-rata pesertanya adalah kalangan mahasiswa, tetapi hal tersebut tidak membuat santri MANPK MAN 1 Yogyakarta patah semangat.

“Banyak bertemu orang baru maka banyak pula ilmu baru yang didapat,” begitulah yang dapat diungkapkan dari pengalaman yang didapat.

Mumtaz Ahmad Fathi, salah satu peserta MTQ, berbagi pengalaman persiapannya.
"Untuk persiapan final perlombaan tersebut kami berlatih setiap malam di masjid. Yang MSQ latihan penyampaian masing-masing bagian, sedangkan MTQ latihan berbagai maqra, untuk effort latihan lumayan, kadang sampai larut, tapi ya alhamdulillah capeknya tidak sia-sia, latihan sebulan itu hasilnya alhamdulillah menang."

Keberhasilan ini tentu tidak hanya menjadi kebanggaan bagi MAN PK MAN 1 Yogyakarta, tetapi juga mencerminkan semangat dan komitmen siswa-siswa dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan. Sementara itu, prestasi mereka bukan hanya sebagai catatan keberhasilan, tetapi juga sebagai sarana memperluas jejaring dan pengalaman sosial. (fii/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21