Rijal Zaidan Pratama Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Pencak Silat O2SN

22 Jul 2023, 12:19 MAN 1 Yogyakarta 307

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Rijal Zaidan Pratama siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara 2 dalam bidang pencak silat pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada Selasa (18/07/2023).

Saat dihubungi siswa yang akrab disapa Rijal ini menuturkan, O2SN cabang pencak silat putra digelar di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Ia masuk ke dalam kelas E yaitu kelas yang memiliki berat badan 55-59 Kilogram. 

Pada kompetisi ini Rijal melewati dua kali babak penyisihan. Yang pertama ia mendapat kemudahan karena ternyata lawan tidak memenuhi standar syarat hingga akhirnya didiskualifikasi. “Alhamdulillah lanjut ke babak penyisihan berikutnya tanpa perlawanan,” tuturnya pada sesi wawancara, Rabu (19/07/23). 

Lanjutnya, di babak penyisihan selanjutnya ia juga tidak terlalu mendapat kesulitan untuk bisa lanjut ke babak berikutnya. Babak semi final berhasil dilalui Rijal walau poinnya sempat tertinggal. Namun, di babak kedua semi final, Rijal dapat mengimbangi poin sampai akhirnya unggul dan berhasil lanjut ke babak final. Hingga sampailah Rijal di babak final, dimana ternyata lawannya adalah teman seperguruannya dahulu saat masih duduk di sekolah dasar. Pada babak ini poin lawan lebih unggul dari Rijal. 

“Di babak final ini sebenarnya saya bisa menang, namun karena dapat dua pelanggaran yang cukup mengurangi poin jadi saya kalah,” ujarnya. 

Rijal mengakui bahwa di pertandingan kali ini ia kurang persiapan, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya akan lebih rajin berlatih agar di kejuaraan selanjutnya dapat lebih baik. Walau dengan persiapan yang mepet tapi Rijal akhirnya berhasil meraih juara 2. 

Dibalik kegigihannya menghadapi setiap lawan, terbesit motivasi yang akhirnya berhasil membawanya meraih juara di kompetisi nasional tersebut. “Motivasi saya yaitu ingin menjadi atlet nasional,” ungkapnya menjelaskan hal yang ia jadikan motivasi di setiap ada perasaan ingin menyerah. 

“Kalau sudah punya passion lebih baik fokus ke satu bidang itu, daripada banyak bidang dicoba tapi tidak ada yang difokuskan,” pesannya untuk teman-teman agar dapat fokus pada satu bidang dan meraih banyak prestasi dari satu bidang yang disukainya.

Rijal juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga, guru pembimbing serta teman-teman yang selalu mendukungnya. (nay/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01