Ramaikan Hari Pahlawan 2023, MAN 1 Yogyakarta Gelar Drama Teatrikal Serangan Umum 1 Maret

15 Nov 2023, 19:12 MAN 1 Yogyakarta 298

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan peringatan Hari Pahlawan 2023 dengan serangkaian kegiatan pada Jumat (10/11/2023). Kegiatan yang bertajuk kebhinnekaan ini meliputi Upacara Peringatan Hari Pahlawan, perlombaan, hingga puncaknya adalah pertunjukkan Drama Teatrikal dari siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta.

Hari Pahlawan pada tahun ini diisi dengan pertunjukan kolaborasi apik antar siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta dalam sebuah drama teatrikal. Drama teatrikal tersebut mengambil momen Serangan Umum 1 Maret. Drama yang digelar di lapangan utama MAN 1 Yogyakarta ini berlangsung khidmat dan para audiens dibuat takjub atas penampilan para siswa.

Drama teatrikal ini sangat penting bagi para siswa-siswi mengingat perjuangan bangsa Indonesia dan TNI memperjuangkan kedaulatan bangsa pasca kemerdekaan. Sejarah yang disajikan menceritakan gerakan masyarakat Yogyakarta, namun pesan yang disampaikan adalah terkait perjuangan secara umum. Hal ini mengingatkan juga bahwa Yogyakarta memiliki gelar ibukota perjuangan.

Serangan ini membuahkan hasil manis. Yogyakarta berhasil direbut kembali dari tangan Belanda dan disiarkan di seluruh penjuru dunia melalui siaran radio. Serangan perebutan kembali ini membawa Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar yang berujung penetapan kedaulatan Indonesia. Drama teatrikal ini ditutup dengan adegan penurunan bendera Belanda dan dinaikkan bendera Indonesia yang melambangkan kedaulatan negara.

“Drama teatrikal yang dilakukan oleh siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta ini begitu apik dan pesan yang ada di dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret tersampaikan dengan baik. Harapannya para siswa dapat mengambil semangat juang dari para pahlawan bangsa untuk menghadapi penjajahan moral yang kita hadapi saat ini,” ujar Kepala MAN 1 Yogyakarta. (ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54