Ramaikan Ajang Pesta Demokrasi, MPS MAN 1 Yogyakarta Gelar Pemilihan Ketua OSIS 2023/2024

09 Sep 2023, 15:07 MAN 1 Yogyakarta 476

this used to be photo

Yogyakarta (MAN1YK) -- Komisi Pemilihan OSIS Madrasah (KPOM) gelar kegiatan Pemilihan Ketua OSIS yang terdiri dari kampanye monologis, kampanye dialogis, dan MPS CUP pada Jumat (8/9/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memilih pemimpin yang disiplin, jujur, sopan, dan gemilang serta sarana pembelajaran demokrasi bagi Siswa/i MAN 1 Yogyakarta.

Kampanye monologis mempertemukan para Calon Ketua OSIS untuk memaparkan visi misi dan program kerja yang akan dilaksanakan dalam masa jabatan jika terpilih. Sedangkan kampanye dialogis mempertemukan para kandidat dengan pemaparan visi misi dan menyampaikan pendapatnya terhadap suatu permasalahan.

Jawaban dari para kandidat akan berimplikasi pada daya minat dukungan bagi para warga madrasah dalam menentukan pemimpin yang tepat.

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan pemimpin OSIS yang dapat membawa OSIS MAN 1 Yogyakarta ke arah yang lebih baik, kreatif, inovatif, dan menjadi madrasah unggul sesuai dengan visi misi MAN 1 Yogyakarta serta jargon Ulil Albab.

“Kami berharap ini penting bagi kalian ke depannya. OSIS Nurul Jadid yang akan datang memiliki tantangan lebih berat dalam dunia digitalisasi yang menjadikan madrasah semakin kuat. Kami berharap nantinya semua yang menjadi calon-calon kuat ini bisa menyatukan semuanya yang tentu saja nanti ada yang kalah dan yang menang, ada yang suaranya besar dan ada yang kecil. Setelah itu selesai, semua bersatu lagi," tutur Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M. Pd., "seperti tahun kemarin, semua kandidat begitu antusias dalam menyampaikan visi misi, begitu sudah pemilihan kemudian selesai dan bersatu lagi memajukan MAN 1 Yogyakarta,” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan pemilihan Ketua OSIS dihadiri dan disaksikan oleh seluruh warga madrasah. Kampanye dialogis mempertemukan tiga kandidat, yaitu kandidat 01 Muhammad Hafiz Adib Annawfal dari kelas XI G, kandidat 02 Rijal Zaidan Pratama dari kelas XI C, dan kandidat 03 Putri Risq’ya Ramadhani dari kelas XI F. Para kandidat saling mengutarakan programnya serta saling melempar pertanyaan dan beradu program yang telah direncanakan.

Pemungutan suara dilakukan secara bergantian di bilik yang sudah disediakan panitia dengan mengakses aplikasi yang sudah disiapkan. Pemilihan Ketua OSIS periode 2023/2024 menggunakan metode E-Voting yang mempermudah sistem pemungutan dan perhitungan suara, yaitu “APLIKASI E-PEMILIHAN KETUA OSIS”.

Peserta kegiatan hanya bisa melakukan pemungutan suara sebanyak satu kali.  Hal ini dapat mempermudah dalam melakukan pemilihan baik dari segi biaya, waktu, hasil, dan transparasi pemilihan.

Beriringan dengan kegiatan pemungutan suara, panitia mengadakan MPS CUP yang dapat diikuti oleh seluruh Siswa/I MAN 1 Yogyakarta. Perlombaan tersebut terdiri dari lomba empuk jeru/gantung caping, estafet batok kelapa, memasak, dan goobak sodor.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan usai dilanjut seluruh warga madrasah berkumpul di lapangan MAN 1 Yogyakarta untuk menyaksikan pengumuman/hasil dari pemungutan suara sesuai dengan surat keputusan. Adapun hasil dari pemungutan suara sebagai berikut: kandidat 01 mendapatkan suara sebanyak 379 (47,9%), kandidat 02 mendapatkan suara sebanyak 120 (15,1%), kandidat 03 mendapatkan suara sebanyak 260 (32,8%), dan tidak mengikuti pemilihan sebanyak 32 (4,2%). Dengan hasil tersebut, diputuskan nomor kandidat 01 atas nama Hafiz Adib Annawfal berhak menjadi Ketua OSIS MAN 1 Yogyakarta periode 2023/2024. Pengumuman tersebut menutup segala rangkaian kegiatan Pemilihan Ketua OSIS 2023/2024. (osy/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07