PUSPERNAS Monitoring Pelaksanaan KSN Kota Yogyakarta di MAN 1 Yogyakarta

31 May 2022, 04:33 MAN 1 Yogyakarta 570

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kota/Kabupaten serempak dilaksanakan pada Selasa-Rabu (24-25/05/2022). KSN tahun ini, dengan tema ‘Sains Pulihkan Negeri’, bertujuan untuk mengasah bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cintah tanah air dan berkarakter mulia.

Pelaksanaan KSN Kota Yogyakarta dilakukan di masing-masing sekolah dengan pengawasan secara silang dari sekolah yang mengikuti di Kota Yogyakarta. Di MAN 1 Yogyakarta, pelaksanaan KSN bertempat di Laboratorium Komputer 1 dengan diikuti 45 siswa. 

Di hari pertama, Selasa (24/05/2022) siswa mengikuti bidang Biologi, Ekonomi, Fisika, dan Geografi. Masing-masing bidang diikuti 5 siswa dengan mengerjakan secara online dan pengawasan dari guru SMAN 10 Yogyakarta. 

KSN di MAN 1 Yogyakarta mendapatkan monitoring langsung dari Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) yaitu Dumairy, untuk memastikan kelancaran dan kendala yang mungkin terjadi.

Ungkapnya, MAN 1 Yogyakarta dari segi sarana dan prasarana sudah sangat mendukung untuk pelaksanaan KSN, internet lancar dan cepat, serta kondusif dan nyaman.

Kemudian, pada Rabu (25/05/2022), siswa mengikuti bidang Astronomi, Kimia, Kebumian, Komputer, dan Matematika. Saat monitoring, PUSPERNAS menyebarkan angket untuk umpan balik pelaksanaan KSN yang harus diisi oleh kepala madrasah selaku penanggungjawab dan siswa sebagai peserta secara langsung.

Fadhli Mufti, peserta KSN Geografi, saat monitoring menyampaikan bahwa pelaksanaan KSN berlangsung lancar dan tanpa kendala hanya ditemukan satu soal yang antara pertanyaaan dan gambarnya terdapat ketidaksesuaian. Sedangkan Mizda Anis, peserta KSN Astronomi, menemukan kendala tak disertakannya table konstata sehingga ada soal yang tidak dapat dikerjakan. 

Kelancaran internet dan sarana komputer yang memadai menurut Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., memang dipersiapkan tidak hanya untuk KSN tetapi juga dalam rangka pembelajaran online. 

“Semoga semua peserta dapat mengerjakan secara optimal dengan serius dengan hasil, lolos ke tingkat provinsi dipasrahkan kepada Allah Swt., karena semua proses sudah dijalani dengan baik,” harapnya. (prb/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00