Pukau Juri, Hibban, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 2 Youth of Indonesia 2024

27 Jun 2024, 19:29 MAN 1 Yogyakarta 397

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) -- Di tengah gempuran modernisasi dan globalisasi, upaya untuk melestarikan budaya lokal menjadi semakin penting. Dalam rangka mempertahankan warisan budaya yang kaya, Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pemuda dan Pendidikan, Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia, melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan kegiatan YOI FEST 2024 “YOUTH OF INDONESIA”.

Sebuah lomba seni digelar khusus untuk kalangan pelajar SMA sederajat di Yogyakarta yang melombakan tentang budaya Daerah Istimewa Yogyakarta atau kearifan lokal, seperti: menyanyi lagu daerah, tarian daerah, pantun, monolog tentang budaya daerah atau yang berkaitan dengan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ahmad Hiban Aunur, peserta dari MAN 1 Yogyakarta, sukses memukau para juri dengan penampilan teatrikal monolognya berjudul “Aku Masih Ingin Menari” dan membawanya meraih Juara 2. “Kamu calon artis bagus, kamu memiliki potensi yang sangat bagus dan penampilan monolog punya kesulitan yang nggak biasa,” puji Sha Ine Febriyanti salah satu juri yang merupakan artis pemeran Roemaisa dalam film Gadis Kretek.

Acara berlangsung di ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta pada Kamis (27/6/2024). Hadir membuka acara, sekretaris FKPT DIY, Dewo Isnubroto. “Potensi radikalisme di DIY tinggi. Melalui media ini kita coba mengembalikan semangat kebangsaan agar tidak mudah terpapar radikalisme,” tandasnya saat membuka acara.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. bangga dan mengapresiasi keberhasilan anak didiknya. “Saya sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras serta dedikasi Hibban yang telah berhasil meraih juara 2 lomba seni ini. Kemenangan ini bukan hanya mencerminkan bakat dan kreativitasnya, tetapi juga menunjukkan komitmen kuat untuk melestarikan dan mempromosikan budaya kita. Saya berharap prestasi ini akan menginspirasi lebih banyak siswa untuk terlibat dalam seni tradisional dan terus menjaga warisan budaya yang kita miliki,” ungkapnya. 

Para juara 1, 2, dan 3 akan melaju ke tingkat nasional. Para juara akan mempersembahkan 1 karya kolaborasi berupa video dan akan bersaing dengan 37 karya lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. (dee)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Siap Bimbing 15 Mahasiswa Praktik Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta
24 Jul 2024, 13:27

Perluas Wawasan dan Relasi: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Turut Aktif dalam Kegiatan Raimuna Tingkat Cabang Kota Yogyakarta
24 Jul 2024, 07:58

Peringati Hari Anak Nasional, MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel
22 Jul 2024, 10:13

Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM Gelar Civil Roadshow 2024 di MAN 1 Yogyakarta
20 Jul 2024, 10:20

Menciptakan Pengalaman Berharga, PBB Tonti Sagara Tahun ini Mengusung Tema : Membangun Karakter Kuat Go To E3
20 Jul 2024, 06:20