Pramuka MAN 1 Yogyakarta Perkenalkan Ragam Saka di Kota Yogyakarta

26 Nov 2022, 19:54 MAN 1 Yogyakarta 293

this used to be photo

Yogyakarta -- Dalam rangka latihan rutin Pramuka MAN 1 Yogyakarta mengadakan pengenalan materi tentang Satuan karya (Saka) pada Jum’at (18/11/22).

 Saka merupakan wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para pramuka penegak dan pandega dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

 Pengenalan saka ini juga dihadiri oleh pemateri dari setiap saka yang ada di Kota Yogyakarta, seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Kalpataru, dan Saka Widya budaya Bakti.

Latihan rutin mengenai pengenalan satuan karya kepada siswa-siswi kelas 10 bertujuan untuk membangun kreativitas dan menggali potensi bakat dan minat para siswa-siswi.

Kegiatan ini dibuka dengan apel rutin yang dilanjutkan dengan pembagian ruangan sesuai saka yang dipilih peserta. Ada 5 saka yang mengisi, dengan masing-masing 2 pemateri setiap saka.

Pertama ada Saka Bhayangkara, peserta sangat antusias ketika mendengarkan perkenalan dari Saka Bhayangkara yang kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab. Kedua, Saka Bahari, perkenalan dari Saka Bahari diisi dengan materi dan games seru yang mengajak pesertanya umtuk aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pemateri. 

Ketiga, Saka Bakti Husada. Saka Bakti Husada menampilkan beragam video perkenalan yang selanjutnya dijelaskan oleh pemateri.

Selanjutnya ada Saka Kalpataru, penyampaian perkenalan Saka Kalpataru dimeriahkan oleh penyampaian kegiatan-kegiatan Saka Kalpataru yang mengundang banyak antusiasme dari pesertanya. Dan terakhir ada Saka Widya Budaya Bakti yang mengajak peserta untuk bernyanyi bersama dalam perkenalannya, banyak pesertapun tertarik untuk bertanya pada sesi tanya jawab.

Para siswa dan siswi terlihat antusias dalam mengikuti latihan rutin pengenalan saka ini, dan sebagian dari mereka sudah memiliki minat untuk bergabung ke dalam saka yang mereka pilih. 

“Larut hari ini sangat diluar ekspektasi karena larut kali ini diadakan dengan meriah dan sangat banyak antusiasme dari warga ambalan,” ucap Zhafira, salah satu siswi kelas 10.

Latihan rutin kali ini pun ditutup dengan apel penutup kegiatan yang dilanjut dengan penyerahan kenang-kenangan kepada setiap perwakilan saka yang telah hadir dan sesi foto bersama. (hls/fii/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Memulai Hari Pertama Perkemahan: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Adat Buka Kegiatan dan Pengukuhan Penerimaan Tamu Ambalan
11 May 2024, 07:39

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40