Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Gladian Pimpinan Satuan

21 Mar 2022, 03:18 MAN 1 Yogyakarta 547

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Pramuka MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) dengan tema “Be A Great Leaader” secara online menggunakan Zoom Meeting, Ahad (20/03/2022), diikuti oleh 33 peserta (20 putri dan 13 putra).

Tujuan dari kegiatan ini yakni agar peserta bisa belajar mengenai kepemimpinan dan bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, mampu memecahkan atau mencari solusi suatu permasalahan dalam organisasi, mengetahui bagaimana cara membuat proposal, persuratan, laporan serta menyusun administrasi organisasi secara terstruktur dan mengetahui bagaimana cara membuat estimasi, laporan keuangan, menyusun data iuran dalam suatu organisasi secaara sistematis.

Kegiatan ini diawali pada Jumat (11/03/2022) sore dengan Upacara Adat Buka Dianpinsat, para peserta tampak khidmat dalam mengikuti rangkaian upacara tersebut, dan yang selanjutnya diadakan pre-test dan pengaksesan materi dan penutupan. Selanjutnya di hari kedua, Sabtu (12/03/2022) pagi pemberian materi pertama, yakni Leadership yang disampaikan oleh Harun Abdul Aziz, ST purna Pramuka MAN 1 Yogyakarta. 

Lalu materi kedua yakni Administrasi Kesekretariatan yang disampaikan oleh Riri Marcelina sekretaris Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Yogyakarta. Pada hari ketiga, Minggu (13/03/2022) pagi dilanjutkan materi ketiga yakni Time Management & Problem Solving yang disampaikan oleh Ilham Musfah, yang juga merupakan purna Pramuka MAN 1 Yogyakarta. 

Dalam penyampaiannya, Ilham menjelaskan bahwa seorang pelajar harus bisa mengatur waktunya dengan baik, dan kemampuan manajemen waktu merupakan softskill yang sangat berguna untuk menyusun waktu agar lebih produktif. Kemudian dilanjutkan materi keempat yakni Administrasi Keuangan yang disampaikan oleh Kak Nur Rahmad Hanafi, perwakilan dari Dewan Kerja Daerah (DKD) DIY.

Setelah pemberian materi tersebut, para peserta diberikan kesempatan untuk berdinamika dengan mengerjakan projek kelompok, dengan konsep secara asynchronous (tidak tatap muka) selama 6 hari. Selama pengerjaan para peserta saling diskusi dan saling tukar pendapat terkait proyek kelompoknya. 

Selanjutnya pada puncak kegiatan, Hari Minggu (20/03/2022) pagi yakni diisi dengan kegiatan presentasi hasil kerja kelompok, dilanjutkan bara games dimana antar kelompok dapat melakukan beberapa games yang telah disiapkan oleh fasilitator, post-test, dan ditutup dalam amanat Upacara Adat Tutup Dianpinsat. 

Dalam amanatnya, pembina upacara berharap dengan berakhirnya kegiatan ini tidak menghentikan semangat dalam belajar, menimba ilmu dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Puncak kegiatan ini adalah pengumuman pemenang nominasi, dari nominasi peserta terbaik, teraktif, terajin, terantusias, fasilitator teramah dan terbaik, serta kelompok terbaik. Salah satu peserta, Rayung bahwa menurutnya kegiatan ini sangat luar biasa karena menghadirkan pemateri-pemateri yang tidak biasa. (ats/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50