Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Perpustakaan Digital

27 May 2022, 06:56 MAN 1 Yogyakarta 644

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Akhir-akhir ini digitalisasi menjadi bahan perbincangan yang sedang tren di segala bidang tak terkecuali dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 telah memaksa siswa dan guru menggunakan teknologi digital dalam proses belajar mengajar.

Perpustakaan sebagai jantung madrasah memegang peran yang sangat penting dalam mendukung kesuksesan aktivitas pendidikan. Salah satu sarana yang sangat dibutuhkan adalah perpustakaan digital.

Dalam mendukung layanan digital, perpustakaan MAN 1 Yogyakarta mengadakan sosialisasi penggunaan perpustakaan digital, bekerjasama dengan penerbit Erlangga, Senin (23/05/2022). Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari penerbit Erlangga, yang memaparkan penggunaan aplikasi e-library mulai dari proses pengunduhan hingga peminjaman e-book.

Aplikasi perpustakaan digital ini diharapkan dapat memudahkan layanan perpustakaan kepada pemustaka karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Selain layanan peminjaman buku elektronik, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mengajar atau pemberian tugas secara online melalui fasilitas e-classroom.

Kepala Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta, Sulistyaningsih, S.Pd mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan langkah awal, masih banyak hal yang perlu dikembangkan seperti penambahan koleksi e-book, dan masih perlunya pelatihan-pelatihan IT kepada pustakawan agar lebih maksimal dalam layanan perpustakaan digital. (lis/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00