Perjalanan Bhakti Pramuka MAN 1 Yogyakarta yang Humanis dan Inspiratif

01 Apr 2019, 05:00 MAN 1 Yogyakarta 1167

this used to be photo

Sleman(MAN 1 YK)—Banyak nilai-nilai pendidikan dan kehidupan dalam kegiatan kepramukaan. Seperti kegiatan perjalanan Bhakti peserta Perkemahan Mahabhakti Ke-32, di Bumi Perkemahan Bumi Tangkil, Kemiri, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu(30/3).

Mula-mula, dari Kampus MAN 1 Yogyakarta peserta diangkut menggunakan delapan bus. Kemudian sekitar 2,5 kilometer mendekati Bumi Perkemahan, perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki.

Dalam perjalanan tersebut tidak hanya berjalan biasa, akan tetapi setiap sangga diwajibkan untuk selalu menjaga etika. Selain itu, juga harus mengerjakan tugas-tugas sangga dalam perjalanan menuju bumi perkemahan.

Antara lain, pengusaan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, menyanyikan lagu Mars Ambalan, membuat ‘yel-yel’, memungut sampah di perjalanan, dan mengamalkan 5 S(senyum, sapa, salam, sopan dan santun), serta wawancara singkat dengan orang yang ditemui di perjalanan. Kemudian mereka melaporkan kegiatannya kepada petugas yang berjaga di setiap pos.

Pemangku Adat Ambalan Alibasyah Luqman Misbahul Munir menjelaskan, dalam perjalanan para peserta dapat belajar dan mempraktikan secara langsung Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Antara lain, ungkap Luqman, “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. Seperti halnya, tema perkemahan “back to nature” maka dengan memungut sampah di perjalanan merupakan bentuk cinta alam dengan menjaga kebersihan dan kelestariannya. Lanjutnya, dan wawancara singkat dengan orang yang ditemui di perjalanan merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada sesama. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03