Peringatan Hari Pahlawan di MAN Yogyakarta I: Menanamkan Jiwa Patriotisme Progresif

10 Nov 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 972

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I) - Pertempuran 10 November 1945 silam, mengingatkan generasi bangsa akan perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk negeri ini. Sebab tanpa perjuangan dan pengorbanan mereka, tidak mungkin negeri ini akan merdeka. Karena itu untuk merefleksikan hal ini, MAN Yogyakarta I selenggarakan upacara bendera, Kamis(10/11) pagi.

Kegiatan ini sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Serta mengingatkan dan menanamkan jiwa patriotisme kepada seluruh civitas akademika sebagai generasi penerus bangsa.

Tampak segenap civitas akademika MAN Yogyakarta I berkumpul dan berbaris rapi di lapangan upacara sejak pukul 07.00 WIB. Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. yang bertindak sebagai Pembina upacara membacakan sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Dikatakan, melalui Peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Khofifah Indar Parawansa juga mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama saling bahu-membahu dengan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong. Ia berkeyakinan, Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Pasalnya, Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu “Satukan Langkah Untuk Negeri.”

Upacara berlangsung khidmad. Usai upacara, dilanjutkan pembacaan catatan prestasi para siswa MAN Yogyakarta I dalam bulan ini (November), yaitu Juara 1 Sangga Terbaik Putra, Juara 2 Sangga Terbaik Putri, dan Juara 2 Yel Kebangsaan pada Kegiatan Jelajah Budaya yang digelar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad(6/11). Selain itu juga juara 2 dalam Olimpiade Pariwisata 2016, yang digelar oleh Diploma III Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada, Sabtu(5/11), di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15