Pemilihan Ketua OSIS di MAN Yogyakarta I, Serukan Pemimpin yang Cerdas dan Islami

17 Oct 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1339

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-Organisasi Intera Sekolah(OSIS) MAN Yogyakarta I, selenggarakan Pemilihan Ketua OSIS periode 2016-2017, Senin(17/10). Sejak pukul 07.00 WIB seluruh civitas akademika berkumpul di lapangan upacara untuk mendengarkan orasi para kandidat ketua OSIS sebelum pemungutan suara dimulai.

Kepala MAN Yogyakarta I Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dalam pengarahannya, agar semua siswa berperan aktif dalam kegiatan ini. “jangan ada yang ‘golput’,”ujarnya. Lantas ia menunjukkan, ini merupakan ajang demokrasi, khususnya kelas X saatnya belajar dari kakak kelas. “Semoga semua berjalan lancar,”harapnya.

Pada kesempatan ini pula, Wiranto mengajak seluruh civitas akdemika untuk menjadikan madrasah ini menjadi madrasah idaman. “Mari kita wujudkan madrasah ini, menjadi madrasah idaman, madrasah yang betul-betul menjadi pilihan pertama,”pintanya, sebagaimana yang menjadi visi misi ini, yaitu ‘ulil albab’.

“Mansa!,”pekiknya. “Jaya!,”sahut para siswa dengan suara kencang. “Mansa jaya!,”pekik Wiranto lagi. “Prestasi tiada henti!,”sahut para siswa, sambil tepuk tangan meriah. Tepuk tangan meriah penuh antusias dari para siswa, guru, dan pegawai itu, menggambarkan suasana penuh harapan dan cita-cita yang tinggi, sambut Kepala Madrasah yang baru dan ketua OSIS yang baru.

Ada 2 kandidat yang diusung dalam pemilihan umum ini, yaitu Raihan Rakha kelas XI Program Studi IPA dan Pandu Hastha Darenda kelas XI Program Studi Bahasa. Kedua Kandidat ini, menyampaikan visi dan misinya di hadapan seluruh civitas akademika.

Ketua Panitia Penyelenggara Satya Lejar Wijaya menuturkan, kedua kandidat tersebut sudah mengikuti tahapan-tahapan pencalonan ketua OSIS, mulai orasi, debat publik, hingga pemungutan suara. Satya menambahkan, tema yang diambil dalam pemilihan ketua OSIS tahun ini adalah “Pemimpin Cerdas Islami” atau disingkat menjadi “PECI”.

Kandidat nomor 1 Pandu, demikian sapaan akrabnya, dalam orasinya, ia ingin membangun kepercayaan. “apa yang ada dalam diri saya, tidak akan ada di diri orang lain, namun anda harus yakin kepada pemimpin anda,”ujarnya sebelum menyampaikan visi misinya.

Dalam visi misinya, ia ingin menciptakan sebuah organisasi yang kreatif dan enovatif. Lebih dari itu, ia menggagas kesetaraan hak dan kewajiban antara satu organisasi bidang di bawah OSIS, dengan yang lainnya. “Tidak ada organisasi yang tidak berguna, semuanya berguna, penting, dan saling melengkapi,”cetusnya. Selain itu Pandu juga mengingatkan agar organisasi siswa ini juga peduli terhadap lingkungan, serta meningkatkan keimanan.

Sementara itu, Kandidat nomor 2 Raihan Rakha, mempunyai visi dan misi, yaitu meningkatkan persatuan kesatuan antara siswa dan alumni, memajukan organisasi agar mampu bersaing, mendukung dan membantu program-program madrasah. Meningkatkan hubungan persaudaraan, disiplin, kebersihan dan ibadah lainnya.

Ini semua menurutnya, tidaklah berjalan sendiri atau hanya dijalankan oleh pengurus OSIS. “Suatu organisasi tidak akan berjalan dengan baik, tanpa ada relasi atau hubungan antara yang lain,”Ujarnya.

Setelah orasi di lapangan upacara, kemudian dilanjutkan debat publik, lantas dilanjutkan dengan pemungutan suara. Penghitungan suara selesai pukul 16.00 WIB. Tercatat 671 siswa yang menggunakan hak pilihnya. Raihan Rakha memperoleh 487 suara, Pandu Hastha Darendra memperoleh 144 suara, serta sebanyak 40 suara tidak sah. Dengan demikian Raikhan Raka terpilih menjadi Ketua OSIS MAN Yogyakarta periode 2016-2017.


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54