Meriah! Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Syawalan Bersama Purna

27 May 2022, 06:51 MAN 1 Yogyakarta 405

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Pramuka MAN 1 Yogyakarta (Baramansa) Gelar Syawalan, Ahad (22/05/22) pagi bersama anggota dan para purna. Tujuan kegiatan ini yaitu adalah mengikat tali silaturrahim antaranggota dan para purna Baramansa. Syawalan ini dihadiri oleh 68 orang yang terdiri atas Dewan Ambalan (DA) 21 dan DA 22, serta para purna.

Syawalan ini dipandu oleh Jovanka dan Atsna selaku MC. Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Ali Mahrus. Selanjutnya, sambutan pembina Dina Wahyuningtyas, S.Pd. selaku pembina Baramansa. 

Kemudian dilanjutkan oleh Pembacaan ikrar syawalan oleh Haidar Aufa, selaku Pradana Baramansa dan Tausiah oleh Azid. Dalam tausiahnya ia memaparkan nasihat dari Lukman Al Hakim, seorang tokoh yang kisahnya diabadikan dalam Qur'an. 

Ada dua nasihat penting dari Luqman Al Hakim. Pertama, bahwa kita harus melupakan kesalahan orang lain terhadap kita dan kebaikan kita kepada orang lain. Tujuannya tak lain adalah untuk membersihkan hati kita dari sifat dengki, riya' dan penyakit hati lainnya.

Selanjutnya nasihat yang kedua yaitu mengingat kesalahan kita kepada orang lain dan kebaikan orang lain kepada kita, agar kita bisa memperbaiki kesalahan kita dan menjadi orang yang tahu balas budi kepada orang lain. Sesi ini ditutup dengan doa bersama. 

Sesi berikutnya, yakni ramah tamah dan pembagian doorprize. Sesi ramah tamah dipandu oleh purna DA tahun 90-an oleh Siti Fathonah,  Siti Fathimah dan Ahmad Mustari. Beliau membicarakan tentang betapa bangga dan bahagianya menjadi bagian dari keluarga besar Baramansa dan harapan kedepannya Baramansa bisa terus maju, eksis, berprestasi dan terus menjalin silaturahmi dengan kakak-kakak yang aktif (DA) maupun purna.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan permainan "kado silang" yang menjadi titik puncak kemeriahan. Sesi doorprize dipandu oleh MC dengan menghadirkan pertanyaan seputar ambalan dan disisipi beberapa pertanyaan hiburan. Setelahnya tak lupa dilanjutkan dengan  bertukar kado silang yang telah peserta bawa.

Kegiatan syawalan diakhiri dengan dokumentasi bersama para anggota Baramansa dengan para purna dan ditutup oleh MC. (fhn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42