Menjadi Penolong Dini, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin PPGD

26 Feb 2024, 09:38 MAN 1 Yogyakarta 172

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Pramuka MAN 1 Yogyakarta kembali mengadakan Latihan Rutin bagi peserta didik kelas 10, Jumat (23/2/2024). Latihan rutin kali ini mengenai PPGD atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Materi ini sangat diperlukan bagi peserta didik karena nantinya akan sangat berguna di kehidupan bermasyarakat. Setelah mempelajari materi PPGD, diharapkan peserta didik dapat menolong korban yang sedang dalam keadaan gawat darurat dan membutuhkan bantuan medis.

Latihan rutin kali ini dibuka oleh Kak Rahmat selaku pembina apel. Selanjutnya, peserta didik menuju kelasnya masing-masing untuk diberikan materi terkait PPGD. Materi disampaikan oleh kakak pandu masing-masing kelas kepada peserta didik.

Setelah menerima materi, peserta didik melakukan praktik untuk menerapkan apa yang telah mereka dapatkan dari materi yang telah disampaikan kakak pandu. Peserta didik diberikan tugas studi kasus terkait kasus-kasus umum kesehatan medis dan mereka harus menangani masalah tersebut dengan materi yang telah disampaikan kakak pandu. Setiap kelas menempati tempat praktik masing-masing sekaligus membawa peralatan-peralatan PPGD untuk mendukung praktik yang mereka lakukan. Mereka juga membuat dragbar sebagai tempat untuk membawa korban ke tempat perawatan medis.

“Asik Kak! Dan jadi pengalaman baru buat aku yang awam sama pertolongan pertama gitu. Kalo pesan dari aku waktunya kurang lama Kak,” kata Raudhy sebagai peserta didik. Seluruh praktik berjalan dengan lancar tanpa hambatan karena sebelumnya peserta didik telah membaca materi digital yang sudah diberikan oleh kakak pandu beberapa hari sebelum latihan rutin.

Latihan rutin berakhir dengan apel tutup. Kak Baroroh selaku pembina apel tutup menyampaikan harapannya agar ilmu yang telah didapatkan dapat diterapkan dimanapun. Selain itu, Kak Baroroh juga berharap agar ilmu PPGD ini dapat diterapkan saat Mahabakti nanti. (ltfh)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54