Mandiri Berprestasi, Siswa MAN 1 Yogyakarta Berhasil Lolos OSN Bidang Kimia Tingkat Provinsi dan Lanjut Tingkat Nasional 2024

25 Jun 2024, 20:14 MAN 1 Yogyakarta 277

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Ramadani Adinata, siswa kelas XI A MAN 1 Yogyakarta, berhasil lolos ke Tingkat Provinsi dan lanjut tingkat Nasional  Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi).

Tentunya hal ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi Madrasah. Tak lupa, doa dan dukungan untuk siswa yang kerap disapa Dani ini semoga lancar hingga tahap akhir.

Pada sesi wawancara, Dani menceritakan awal mula dirinya bisa sampai lolos hingga tingkat provinsi dan nasional. Ada persiapan matang dari Dani untuk menyiapkan Olimpiade ini. “Awal mulanya, di kelas 10 aku nyelesain semua materi kimia SMA, baik itu di kelas 1, 2, dan 3. Alhamdulillah diberi kelancaran, aku bisa selesai dalam waktu 6 bulan atau tepatnya di bulan Desember tahun 2022. Setelah selesai materi SMA, aku mulai pelajari materi olimpiade dan itu benar-benar mandiri. Baru kemudian menjelang OSN-K aku mulai ikut pelatihan. Menjelang OSN Nasional aku udah mulai baca buku-buku; baik itu buku kimia organik, kimia fisik, kimia analitik dan lain sebagainya,“ ungkapnya. 

Persiapan Dani untuk OSN ini banyak sekali. Menurutnya, OSN ini ajang olimpiade paling bergengsi se-Indonesia, jadi persiapannya juga tidak main-main. Ia menyiapkan mulai dari dana, kesehatan fisik, mental, persiapan pengetahuan teori dan praktikum dan masih banyak lagi. Karena memang OSN ini butuh banyak pengorbanan, baik pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan uang. Belajar dari pagi sampai ke pagi lagi, tidur 4 jam sehari, jam makan tidak teratur, begadang setiap hari, tapi alhamdulillah berkat kerja kerasnya Dani bisa lolos tingkat nasional untuk kedua kalinya. Namun perjuangan tidak sampai di situ saja, masih ada tingkat nasional yang harus dilewati agar bisa menjadi medalis OSN.

Dani juga menceritakan pengalamannya dulu ketika dirinya sempat mengikuti OSN dan berhasil lolos ke tingkat nasional pada tahun 2023. Sayangnya, ia belum berhasil meraih Medali pada Olimpiade tersebut.

“Anyway aku dulu sempet lolos ke Nasional di OSN tahun 2023, tapi sayang banget aku ngga bisa jadi medalis. Di tahun kedua inilah saatnya aku bakal memperbaiki semua kesalahanku, dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang kebanyakan orang tidak punya, insyallah aku bisa jadi salah satu medalis OSN kimia 2024,“ ujarnya optimis. 

Doa, harapan dan dukungan untuk Dani semoga berhasil hingga tahap akhir dengan hasil yang memuaskan dan membanggakan.

Dani juga memberikan motivasi dan pesan-pesan untuk teman-teman di MAN 1 Yogyakarta. “Aku sangat menyarankan bagi temen-temen semua yang ingin mendapatkan reward, piagam, nilai yang bagus, bahkan perguruan tinggi favorit, untuk ikut dalam kompetisi OSN, karena akan ada banyak sekali manfaat yang didapatkan, dan pesan aku jangan pernah takut untuk berkompetisi. Karena hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan,“ pesannya. (niz) 


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Siap Bimbing 15 Mahasiswa Praktik Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta
24 Jul 2024, 13:27

Perluas Wawasan dan Relasi: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Turut Aktif dalam Kegiatan Raimuna Tingkat Cabang Kota Yogyakarta
24 Jul 2024, 07:58

Peringati Hari Anak Nasional, MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel
22 Jul 2024, 10:13

Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM Gelar Civil Roadshow 2024 di MAN 1 Yogyakarta
20 Jul 2024, 10:20

Menciptakan Pengalaman Berharga, PBB Tonti Sagara Tahun ini Mengusung Tema : Membangun Karakter Kuat Go To E3
20 Jul 2024, 06:20