MAN PK MAN 1 Yogyakarta Galakkan Pendalaman Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Para Santri

22 Nov 2023, 09:56 MAN 1 Yogyakarta 309

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Bertujuan mengembangkan potensi para santri, MAN PK MAN  1 Yogyakarta mengadakan program pendalaman public speaking yang bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang berjumlah lima orang pada Sabtu (11/11/2023). 

Bertemakan “Build up your confident on public sepaking”, Kepala Pembina asrama MAN PK MAN 1 Yogyakarta, Ismail Rozi Amir Muslim M.Pd mengharapkan output kegiatan ini bisa menambah pengetahuan tentang public speaking dan memunculkan rasa semangat mempraktikkannya.

Rangkaian kegiatan ini mengundang dua pembicara yang ahli di bidang public speaking untuk memberikan seminar kepada santri dengan materi masing-masing yang berbeda. Pemateri pertama, Luthfi Kamal Nasuha membawakan materi mengenai public speaking. Dalam materi pertama ini mencakup berbagai macam aspek, mulai dari teknik-teknik berbicara di depan umum, ekspresi tubuh, dan bagaimana cara kita tidak gugup ketika berbicara di hadapan khalayak umum. Pemateri kedua, Mutia Alimatusifa membawakan materi tentang apa itu mimpi dan apa definisi dari mimpi itu sendiri.

Pelatihan pendalaman public speaking ini rutin diadakan setiap tahun dan menjadi program kerja tahunan. Para santri diajak untuk berlatih menyampaikan narasi di hadapan audiens. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh umpan balik konstruktif dari para pemateri dan rekan sejawat mereka.

Para santri sendiri memberikan respons positif terhadap program ini. “Saya belajar bagaimana teknik dan tata cara berbicara di depan umum dengan baik dan benar, agar tidak gugup dan lebih percaya diri serta apa yang ingin disampaikan bisa tersampaikan namun tidak terpacu pada teks,” ujar salah satu santri MAN PK MAN 1 Yogyakarta.

Kegiatan public speaking ditutup dengan adanya kuis berhadiah dan juga penyerahan plakat secara simbolis sebagai kenang-kenangan dari pihak UIN Sunan Kalijaga untuk MAN PK MAN 1 Yogyakarta yang diterima langsung oleh Ketua Osaka, Fiqhan Qaulan Tsaqilan sebagai perwakilan dari pengurus organisasi santri keagamaan. (ml/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54