MAN 1 Yogyakarta Sambut Hangat Kunjungan IAIN Pekalongan

01 Apr 2017, 08:59 MAN 1 Yogyakarta 1330

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1YK)—Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan lakukan kunjungan di MAN 1 Yogyakarta. Rombongan mahasiswa bersama civitas akademika perguruan tinggi tersebut tiba di kampus pukul 08.00 WIB, dan disambut oleh segenap keluarga besar MAN 1 Yogyakarta di Aula,lantai 2, Kamis(30/1) kemarin.

Ketua rombongan yang juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan Dr.M.Sugeng Solehudin, M.Ag menyampaikan, kehadirannya bersama para mahasiswa ini untuk belajar langsung ke lembaga pendidikan Islam, tentang bagaimana tata kelola madrasah, administrasi, dan manajemennya. "Kami sampaikan banyak terimakasih, di tengah-tengah kesibukan madrasah ini, masih mau menerima kami,"ujarnya.

Sugeng menambahkan, para mahasiswa agar melihat secara langsung, bagaimana madrasah yang sebenarnya, agar mereka mampun melihat, mengerti dan mengetahui bagaimana teori dan ilmu pengetahuan yang dipelajari di bangku kuliah itu dipraktikan di madrasah.

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyambut baik kunjungan ini. Ia menuturkan, sudah selayaknya antara madrasah dan IAIN yang sama-sama di bawah atap kementerian agama untuk saling beragi.

Lanjut Wiranto, MAN 1 Yogyakarta yang baru-baru ini memperingati hari ulang tahun ke-66, semakin berat dan tantangan zaman. Usia yang tidak muda lagi menurutnya, kepercayaan masyarakat kepada madrasah ini semakin kuat, serta tuntutannya yang cukup kompleks. Selain itu, prestasi yang diharapkan bukan hanya tingkat nasional saja, akan tetapi bisa ke tingkat internasional. "Semoga pertemuan ini menjadi berkah,"ujarnya.

Kepada para mahasiswa IAIN Wiranto berpesan, untuk tetap optimis. Mengingat guru agama Islam, yang banyak dibutuhkan. Sehingga peran dan tenaga mereka sangat dinanti dan dibutuhkan.

Menyinggung soal pendidikan, menurutnya sederhana. Bagaimana lembaga pendidikan itu bisa membentuk karakter para siswa berlaku jujur. "Output anak-anak yang jujur, itu sudah hebat,"ungkapnya.

Sebelum presentasi tentang profile MAN 1 Yogyakarta yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd., civitas akademika perguruan tinggi tersebut dihibur oleh Mansakustik Group Musik Siswa MAN 1 Yogyakarta.

Tepuk tangan meriah sambut penampilan group musik tersebut. Vokalis Group Pramudya Arya Wibowo dan Nada Nadhifa Rasyida membawakan lagu kun anta karya Humood Alkhuder dan lagu Terbaik Bagimu karya Ada Band. Suara keduanya yang merdu dan iringan musik seakan menghapus rasa lelah dan kaku para peserta studi banding itu.

Tidak mau kalah, dua mahasiswa IAIN Pekalongan pun turut sumbang lagu pada kesempatan itu, bergabung dengan Manskustik menyayikan lagu berjudul Kita karya Sheila on 7. Tepuk tangan meriah kembali pecah, dan suasana akrab sambut penampilan keduannya.

Setelah jeda dengan suguhan lagu dan musik dari Mansakustik, Wakil Kepala Bidang Humas Hartiningsih tampil mempresentasikan profile MAN 1 Yogyakarta. Tampak para mahasiswa mengikuti presentasi dengan penuh antusias, hal itu ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang mengemuka pada sesi tanya jawab.

Sebelum para mahasiswa ini meninggalkan kampus MAN 1 Yogyakarta, mereka menyempatkan diri untuk melakukan observasi ke beberapa kantor, dan menemui para guru dan pegawai.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54