MAN 1 Yogyakarta Sambut Gerakan Madrasah Peduli Masjid

09 Jan 2017, 16:41 MAN 1 Yogyakarta 1660

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)- Kementerian Agama Kota Yogyakarta gelar kegiatan “Gerakan Madrasah Peduli Masjid”. Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama Republik Indonesia, (3/1) kemarin.

Sebanyak 89 masjid dan musholla yang menjadi objek kegiatan ini, semua masjid berada di lingkungan kota Yogyakarta. Untuk kesuksesan acara ini, Kemenag Kota Yogyakarta melibatkan seluruh pegawai dan 15 madrasah.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Gondokusuman Indro menuturkan, seringkali dijumpai masjid dan musholla yang kurang terawat, serta tidak terjaga kebersihannya. Terutama masjid dan musholla yang pengurusnya kurang aktif. Bagian sudut masjid, mimbar, karpet yang berdebu, kamar mandi yang kotor, tempat wudhu yang berlumut dan halaman yang tidak terawat. Maka HAB ke-71 Kemenag menjadi moment yang penting untuk mengajak masyarakat dalam memakmurkan masjid.

“Ya ini(Gerakan Madrasah Peduli Masjid-red) bagian dari pembinaan masjid,”ujar Kamijan, BA Pegawai Kemenag Kota Yogyakarta saat memonitor langsung kegiatan ini, di Masjid Asy-Syifa’, Kepuh, Gondokusuman III/1035 Yogyakarta.

MAN 1 Yogyakarta menjadi 1 dari 15 madrasah lingkup Kota Yogyakarta, yang turut mensukseskan kegiatan ini. Ada 12 masjid yang menjadi objek kegiatan madrasah ini, yaitu Masjid Asy-syifa, Masjid At-Takwa, Masjid Al-Husna, Masjid Al-Hidayah, Masjid Al-Mujahidin, Masjid Mutmainnah, Masjid Ar-Ridha, Masjid Al-Ikhlas, Masjid SMPN 5, Masjid Fii Sabilillah, Masjid Nurul Islam, dan Masjid Al-Husna PJKA.

Pihak Kesiswaan MAN 1 Yogyakarta mengutus ke setiap masjid 10 siswa dengan didampingi 2 orang dari guru dan pegawai. Sejak pukul 08.00 WIB mereka berangkat ke masjid tujuan.

Salah satu koordinator, Chazim Chumaidi Ats-Tsaqafy menuturkan, sebelum pelaksanaan kegiatan ini, ia bersama tim yang ada telah melakukan survei, untuk melihat lokasi, kondisi, dan kebutuhan masjid setempat.

Tampak segenap civitas akademika MAN 1 Yogakarta ini, secara aktif bekerjasama dengan pengurus/takmir masjid setempat membersihkan dan merapikan masjid. Usai kegiatan, madrasah ini juga memberikan bantuan berupa kalender MAN 1 Yogyakarta tahun 2017 dan alat-alat kebersihan. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54