MAN 1 Yogyakarta, Juara IV Lomba Literasi SDGs Nasional 2024

07 Oct 2024, 12:38 MAN 1 Yogyakarta 463

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta)- Hari Ahad, (06/10) MAN 1 Yogyakarta kembali menorehkan prestasi. Kali ini juara IV dalam bidang Lomba Literasi  yang diadakan oleh Kementerian Sosial RI yaitu SDGs Sekolah Nasional 2024 untuk Tingkat SMA/SMK/MA di Exhibition Hall Grand City Surabaya. Menurut penyelenggaran kegiatan, Tunas Hijau, kegiatan ini  merupakan salah satu upaya untuk mengajak generasi muda ikut aktif dalam membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya dari Jawa, lomba ini juga diikuti oleh sekolah-sekolah dari luar Jawa, seperti  Bali hingga Kalimantan.

Kamilla Lubna Ghayata Amalie, 'Adnyn Nurhusna, Arifah Hasan, Khalisa Hasna Shina, Kla Azalea Madina, dan Nadia Maulida Adha maju mewakili MAN 1 Yogtakarta sebagai tim dalam lomba tersebut. Lomba ini berlangsung selama empat bulan, dimana setiap minggunya, tiap-tiap tim perwakilan menyiapkan ringkasan materi dan bentuk aksi nyatanya setelah menyimak materi yang disampaikan dari penyelenggara lomba di platform youtube atau zoom. Salah satu perwakilan tim SDGs dari MAN 1 Yogyakarta, Arifah Hasan, yang menerima penghargaan tersebut menyampaikan suka duka selama berlangsungnya lomba. "Karena lomba ini berjalan dari Februari hingga Juni, tentu banyak sekali ilmu-ilmu yang diperoleh dan pastinya dapat dimanfaatkan untuk kedepannya, namun tak sedikit pula dari kami yang sering miskomunikasi. Justru dari sini lah kita harus semakin meningkatkan kepekaan satu sama lain dan mengesampingkan hal-hal yang tak penting yang sekiranya dapat mengganggu kinerja tim," tuturnya.

Arifah juga tak lupa untuk mengucapkan terima kasihnya kepada teman-teman setimnya dan (Almh) Ibu Sulistyaningsih, selaku pendamping tim SDGs. "Tentunya, saya sangat berterima kasih kepada tim SDGs yang pantang menyerah dan selalu kompak untuk mencapai tujuan bersama, dan pastinya kepada Bu Sulis. Karena beliau kami dapat memperoleh ilmu bermanfaat dan dapat berdiri sebagai juara," imbuhnya.

Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M. Pd., kepala MAN 1 Yogyakarta memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas capaian prestasi ini, sembari mendoakan almarhumah ibu Sulistyaningsih, S. Pd., kepala perpustakaan saat perlombaan ini dimulai. “Semoga dengan prestasi ini semakin membawa semangat bagi siswa-siswa dan guru lain untuk memiliki prestasi yang serupa”, harapan beliau. (ev/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Pemimpin Berkarakter: MAN 1 Yogyakarta Gelar Motivasi Kepemimpinan bersama Motivator Nasional
20 Oct 2024, 03:34

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46