MAN 1 Yogyakarta Gelar Wisuda Purna siswa: Lahirkan Alumni yang Kreatif, Mandiri, dan Berprestasi

12 May 2022, 09:37 MAN 1 Yogyakarta 1001

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — MAN 1 Yogyakarta mewisuda 254 siswa kelas XII, Kamis (12/05/2022), di University Club (UC) Hotel Universitas Gadjah Mada(UGM) Yogyakarta, disiarkan secara langsung melalui chanel youtube:https://www.youtube.com/watch?v=MYCko38WUoE. 

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat Kanwil Kemenag DIY: Kabag TU, H. Muntolib, S.Ag. M.S.I., Kabid Dikmad, H. Abd Su’ud, S.Ag, MSI. Dari Kantor Kemenag Kota Yogyakarta: Kasubag TU Dra.Hj. Noor Imanah, M.S.I., Kasi Dikmad Elfa Tsuroyya, S.Ag., M.Pd.I., M.Pd. Dari Komite Madrasah: Drs.H.Sayuti, M.Pd.I. dan Drs.H. Imam Suja'i Fadly, M.Pd.I., serta perwakilan orang tua wali siswa. 

Hadir pula dalam kesempatan ini, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag. (selaku orang tua wali siswa). 

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.I. dalam sambutannya, mengajak bersyukur, atas nikmat dan karunia Allah Swt., sebanyak 254 siswa kelas XII dinyatakan lulus. Terdiri dari 137 siswa (jurusan MIPA), 62 siswa (jurusan IPS), 32 siswa (jurusan Bahasa), dan 23 siswa (MANPK). 

“Selamat pada Ananda semua semoga ilmunya bermanfaat dan dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi,” ujarnya. 

Ungkapnya, para siswa tersebut sangat membanggakan madrasah dan Kementerian Agama. Pasalnya, masa pandemi Covid-19 yang mereka alami, saat mereka duduk di kelas X, mereka tetap bisa bertahan dan kreatif, hingga menorehkan banyak prestasi untuk madrasah.

Pada tahun 2021, kurang lebih 461 prestasi berhasil mereka raih, tingkat lokal, nasional, dan internasional. 

Bahkan, di masa akhir studi, ada 42 siswa yang telah diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta tanpa tes. Selain itu, mereka juga sangatlah kreatif dalam berkarya, seperti pembuatan video ‘Rise’ yang ditayangkan pada saat wisuda ini.

“Saya kaget, baru kali ini, acara wisuda purna siswa, anak-anak menayangkan video inspiratif, seperti bioskop (rasanya-red),” ujarnya, seraya disambut tepuk tangan meriah para hadirin. 

“Pada kesempatan ini juga, kalian yang sudah mengenyam pendidikan dan pengajaran selama tiga tahun di madrasah ini, kami serahkan kembali kepada bapak ibu orang tua wali siswa. Semoga kalian kelak menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” pungkasnya. 

Sementara itu, Waryono Abdul Ghafur yang mewakili sambutan orang tua wali siswa, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh guru dan pegawai, yang telah bersabar dalam memberi pendidikan dan pengajaran.

“Kami menitipkan anak, sungguh tidak mudah mendidik anak zaman sekarang,” ungkapnya.

“Mari kita berterima kasih kepada bapak ibu guru yang telah menjadi wasilah dari ‘no body’ menjadi ‘some body’. Doakan beliau-beliau diberi kesehatan dan kesuksesan. Semoga apa yang Bapak Ibu berikan menjadi bekal anak-anak kami di masa mendatang,” pungkasnya. 

Acara Wisuda Purna Siswa berlangsung khidmat dan dimeriahkan beberapa hiburan oleh Grup Mansakustik dan siswa kelas XII, dan penayangan video kelas XII ‘Rise’, serta pemberian penghargaan pada siswa berprestasi. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00