Launching Program MAN-PK dan Jalan Sehat Menjadi Puncak Acara Peringatan Harlah

01 Apr 2017, 08:47 MAN 1 Yogyakarta 1192

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)-Launching Program MAN-PK dan Jalan Sehat, Senin(27/3) menjadi puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun Harlah ke-66 MAN 1. Kegiatan ini juga dihadiri Wali Kota Yogyakarta (2011-2016) H.Haryadi Suyuti, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Sigit Warsito, M.Pd.I., Kepala Bidang Dikmad Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I., dan Komite Madrasah Drs.H.Sayuti, M.Pd. dan segenap alumni MAN 1 Yogyakarta.

Sejak pukul 07.00 WIB, para civitas akademika dan tamu undangan sudah hadir di Kampus MAN 1 Yogyakarta untuk mengikuti jalan sehat dengan rute lingkup Kecamatan Gondokusuman: dimulai dari Jalan C.Simanjuntak-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Sagan-Jalan Prof.Yohanes-Jalan Colombo-Bunderan UGM-Jalan Terban, dan berakhir di Jalan C.Simanjuntak.

Jalan sehat tersebut diberangkatan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.Sigit Warsito, M.Pd.I, di depan pintu gerbang Kampus MAN Yogyakarta. Alunan sholawat Nabi yang diiringi musik hadroh berikan semangat kepada para peserta jalan sehat pagi itu.

Tampak para siswa berbaris rapi tiap kelas, dengan ragam tema pakaian: ala pejuang 45, group musik, ilmuwan, pakaian tradisional kebaya, umroh timur tengah, bahkan pakaian ala suporter club sepak bola. Mereka berjalan dengan tertib, menyusuri ruas kiri jalan. Suara canda dan tawa, serta air keringat yang mengalir dan hembusan napas gambarkan antusiasme mereka dalam kegiatan ini.

Kurang dari satu jam, perserta jalan sehat itu sudah kembali di Kampus MAN 1 Yogyakarta, dan mereka pun segera merapat, mendekat panggung. Kedatangan mereka disambut alunan musik Group musik mansakustik.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.I. menuturkan, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting, mengingatkan peran dan fungsi MAN 1 Yogyakarta untuk masayarakat, bangsa dan negara. Sebagaimana motto madrasah ini. "Mansatu Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami,"ujarnya.

Terangnya, tidak hanya cerdas secara intelektual saja, akan tetapi juga cerdas secara spiritual serta mempunyai akhlakul karimah. "Sehingga pemimpin bangsa di masa yang akan datang lebih unggul,"harapnya.

Begitu juga dengan Wali Kota Yogyakarta (2011-2016) H.Haryadi Suyuti mengutarakan, bahwa ia tidak akan mungkin menjadi seperti sekarang ini, kalau tanpa peran madrasah. Bahkan ungkapnya, ayahnya yakni Dr.HC.H.Zarkowi Soejoeti merupakan alumnus MAN 1 Yogyakarta. Maka menurutnya, ada harapan besar pada madrasah untuk melahirkan ulama-ulama besar yang mempunyai kridibilatas yang tinggi. “Dari Jogja untuk Indonesia Dirgahayu Mansatu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Dikmad Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I. menjelaskan, Kemenag mempunyai banyak program unggulan. Antara lain MAN Insan Cedekia. Program ini lanjut Edhi, disambut baik oleh masyarakat, hampir semua daerah ingin membuat madrasah seperti ini. Namun katanya, salah satu syaratnya adalah harus disediakan lahan minimal 10 hektar. Karena DIY lahannya terbatas, maka DIY ditunjuk menyelenggarakan program revitalisasi Program MAN-PK.

Terang Edhi, program ini dianggap berhasil, hal itu ditandai para alumnusnya menjadi orang-orang sukses. Untuk itu ia berharap Progam MAN-PK yang baru ini bisa mengulang kembali kejayaannya, dan dapat melahirkan tokoh-tokoh, ulama' moderat yang berwawasan luas. "Kami mohon dukungannya pak Haryadi,"pungkasnya.

Acara terus berjalan, setelah sambutan Kepala Bidang Dikmad Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta acara dilanjutkan doa bersama yang dipandu oleh Pengasuh Pondok Pesantren AL-Hakim Asrama MAN 1 Yogyakarta Drs.H.M.Nawawi, M.S.I., kemudian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Haryadi Suyuti dan pelepasan balon Harlah oleh Drs.H.Edhi Gunawan sebagai tanda syukur dan launching Program MAN-PK.

Ragam hiburan pun digelar pada hari ulang tahun madrasah tersebut, seperti penampilan tarian saman, vokal group, mansakustik, dan permainan sulap yang dimainkan oleh Umar siswa kelas XI IPS, serta lomba penyajian makanan tradisional dan pembagian puluhan doorprize bagi peserta jalan sehat yang beruntung.

Lebih dari itu, pada kesempatan ini pula sebanyak 14 siswa mendapatkan reward dan beasiswa dari Al-Hakim Scholarship, sebuah program beasiswa yang digalang oleh para alumnus MAN 1 Yogyakarta.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54