Latihan Rutin Pramuka MAN 1 Yogyakarta: Pengenalan Satuan Karya

04 Mar 2022, 10:36 MAN 1 Yogyakarta 589

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) – Latihan Rutin Pramuka MAN 1 Yogyakarta kali ini berkonsep Webinar dengan Materi Pengenalan Satuan Karya, Jumat (04/03/2022) siang, yang dilangsungkan secara daring melalui Zoom Meeting. Di webinar kali ini, Pramuka MAN 1 Yogyakarta menghadirkan 5 satuan karya (saka), yakni Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Kalpataru dan Saka Widya Budaya Bakti di Kota Yogyakarta. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas 10 yang terdiri dari 262 siswa. Tujuan webinar kali ini adalah guna menarik minat keterampilan kepramukaan di luar gugus depan, salah satunya mengikuti satuan karya pramuka. 

Pembukaan acara dibawakan oleh kak Fauzan selaku moderator webinar kali ini, kemudian dilanjutkan pengenalan masing-masing saka. Pengenalan saka yang pertama adalah dari Saka Bhayangkara, yang merupakan saka di bidang kepolisian.

Pengenalan Saka Bhayangkara disampaikan oleh Luthfian Nur H. Kemudian disusul dengan pengenalan Saka Bahari yang merupakan saka di bidang kelautan dibawah naungan TNI AL. Pengenalan saka ini disampaikan oleh Muhammad Fadilah Umar.

Selanjutnya yakni pengenalan Saka Bakti Husada oleh Ade Alfiani Rosida bersama Valent untuk menyampikan profil Saka Bakti Husada. Saka ini merupakan saka di bidang kesehatan yang dinaungi oleh Dinas Kesehatan. Kemudian dilanjutkan oleh Hasna Lathifah Muhtadi yang memperkenalkan Saka yang dinaungi Dinas Lingkungan Hidup, yakni Saka Kalpataru.

Lalu dilanjutkan pengenalan saka yang terakhir, Saka Widya Budaya Bakti. Saka ini merupakan saka yang dinaungi oleh dinas pendidikan. Dalam webinar kali ini, saka tersebut diperkenalkan oleh Muhammad Raihan Rajendra Putra. Setelah pengenalan dari masing-masing satuan karya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai satuan karya. Beberapa siswa aktif bertanya mengenai  5 satuan karya tersebut.

Rangkaian webinar ini diakhiri dengan kesimpulan dari moderator, bahwa dalam satuan karya (saka) sendiri ada berbagai macam bidang (krida), yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakat kita masing-masing. Selain itu, saka bukan hanya tempat orang-orang yang sudah ahli, namun bisa untuk yang punya bakat, minat, belajar dan mau berusaha. Selanjutnya webinar ini ditutup dengan doa dan foto bersama. (fhn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50

Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT
15 Mar 2024, 13:43

MAN 1 Yogyakarta Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan
15 Mar 2024, 09:43

Kankemenag Kota Yogyakarta Beri Arahan Rapat Kerja MAN 1 Yogyakarta Tahun 2024
14 Mar 2024, 17:42