Laksanakan Kegiatan P5, Siswa-Siswi MAN 1 Yogyakarta Kunjungi Museum Benteng Vredeburg

13 Oct 2023, 07:58 MAN 1 Yogyakarta 406

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta melaksanakan kegiatan P5 yang bertemakan “Suara Demokrasi dan Kearifan Lokal dengan mengunjungi Musem Benteng Vredeburg pada Kamis (12/10/2023). Kegiatan P5 yang diikuti seluruh siswa-siswi Kelas XI dan perwakilan Kelas X dan XII ini bertujuan untuk mengulas kembali sejarah masa lampau Indonesia, sehingga akan meningkatkan rasa nasionalisme pada diri masing-masing siswa. 

Memasuki area museum, para siswa disambut dengan beberapa ruangan yang merupakan diorama yang bermacam-macam isinya. Terdapat diorama yang menceritakan tentang perjuangan tokoh-tokoh penting dalam menyuarakan kemerdekaan di rapat-rapat besar serta diorama yang menggambarkan tragedi G 30 S PKI. Museum ini juga dilengkapi dengan pameran yang menyuguhkan berbagai jenis benda yang digunakan pada zaman penjajahan yaitu meja dan kursi, peralatan medis, alat komunikasi hingga televisi yang digunakan oleh nenek moyang pada zaman tersebut. 

Antusiasme siswa tampak dari semangat mereka dalam mempelajari setiap hal yang ditemui di Museum Vredeburg. Dalam perjalanan mengelilingi museum, siswa juga harus menyelesaikan lembar kerja. Jawaban dari tugas tersebut dapat ditemukan di museum tersebut, sehingga siswa harus mendengarkan dengan seksama guide yang menjelaskan dan menceritakan isi dari setiap diorama maupun pameran, serta dengan teliti mengamati setiap titik di Museum Vredeburg tersebut. 

“Aku senang banget bisa berkunjung ke Museum Vredeburg, karena aku dapat pengetahuan tentang sejarah Indonesia dan terutama sebagai pelajar Jogja, aku jadi paham mengenai  tragedi-tragedi penting yang terjadi di Jogja, seperti serangan 1 Maret, alasan kenapa pemerintahan di pindahkan ke Yogyakarta sementara dan lainnya,” cerita salah satu siswi MAN 1 Yogyakarta mengenai pengalamannya berkunjung ke Museum Vredeburg pada hari Kamis (12/10/23). (nay/ar) 


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03