Lagi, Inovasi Pelapis Anti Bakteri dan Pelindung Warna Kain Batik Siswa MAN 1 Yogyakarta Go International

12 Jan 2017, 10:34 MAN 1 Yogyakarta 1532

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)—Lagi, Kabar menggembirakan, khususnya bagi MAN 1 Yogyakarta dan Kementerian Agama. Inovasi 3 siswa madrasah ini, yaitu Zhahdo Bintang Ramadhan, M. Hanif Nursamsul, dan Farkhan Atoillah berhasil lolos seleksi dan masuk final dalam Malaysia Technology Expo (MTE) 2017, yang akan digelar di Putra World Trade Center (PWTC), Malaysia, pada 16-18 Februari 2017 mendatang.

Inovasi ketiga siswa ini adalah menciptakan aplikasi nanopartikel perak sebagai agen alternative pelapis antibakteri dan pelindung warna kain batik, atau diberi nama Antibacterial Batiq Textiles. hal ini, mereka sampaikan dalam audiensi di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Rabu(11/1)kemarin.

Turut mengantar dalam udiensi ini segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta:Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, Kepala TU Marwanto, BA, Wakamad Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA, dan Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. Rombongan Audiensi ini tiba di kanwil pukul 11.00 WIB, dan disambut langsung oleh Kepala Kantor Kanwil Kemenag DIY Prof.Dr.H.Nizar Ali, M.Ag dan Kabid Bidang Pendidikan Madrasah Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I.

Atas keberhasilan ketiga siswa MAN 1 Yogyakarta ini, Kepala Kantor Kanwil Kemenag DIY Prof.Dr.H.Nizar Ali, M.Ag menyambut baik dan memberi dukungan. Ia juga menyampaikan, bahwa hal ini juga akan dikoordinasikan dengan kemenag pusat, untuk pemberangkatan ketiga siswa ke Malaysia Februari mendatang.

Sementara itu Pelatih KIR MAN 1 Yogyakarta Nur Faturrahman Ridwan, menyampaikan Event MTE 2017 merupakan event inovasi dan invensi bukan event karya tulis ilmiah dan penelitian, sehingga yang menjadi penilaian utama merupakan produk. Untuk ia bersama tim akan mengurus segala sesuatunya, antara lain mengurus sertifikasi Standar Nasional Indonesi(SNI) di Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Ridi menambahkan, demikian sapaan akrabnya, pendaftaran dan pengiriman dokumen dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 13 Januari 2017. Adapun dokumen yang dikirimkan berupa: biodata lengkap seluruh anggota, abstrak, foto produk, deskripsi produk, analisis SWOT pada produk. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54