Kunjungan Studi Banding MAN 1 Sukabumi di MAN Yogyakarta 1

04 Nov 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1169

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-MAN 1 Sukabumi lakukan kunjungan Studi Banding di MAN Yogyakarta 1, Jumat(4/11) pagi. Rombong yang berjumlah 40 orang, terdiri dari unsur guru, pengawas, dan komite ini, tiba di kampus pukul 09.30 WIB, disambut hangat oleh segenap civitas akademika MAN Yogyakarta 1 di Aula lantai 2.

Ketua Rombongan Hj.N.Herida Lisdianti, M.Ag. menyampaikan, kunjungan di madrasah ini dalam rangka silaturrohim dan Studi Banding. Herida menuturkan, menurut penilaian masyarakat MAN 1 Sukabumi di kawasan itu, menjadi madrasah negeri terbaik. Namun demikian, ia tidaklah puas atas penilaian masyarakat. Untuk itu dalam studi banding ini, ia bersama rombongan ingin meningkatkan kualitas MAN 1 Sukabumi menjadi lebih baik lagi dan meningkat.

“Kami berusaha mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan,”ujarnya. “kami sengaja berkunjung ke sini, ingin lebih berenovasi,”imbuhnya. “Mohon dibantu, ya bapak ibu, untuk bisa sharing,”pintanya, saat memberi sambutan.

Sementara itu Kepala MAN Yogyakarta 1 Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyambut baik kunjungan ini. Ia menuturkan, MAN Yogyakarta 1 dan MAN 1 Sukabumi sama-sama di bawah Kementerian Agama. Untuk itu ia mengajak untuk sama-sama mengembangkan dan memajukan madrasah. “Kita ini sama-sama dari Kemenag, banyak sekali yang harus kita kembangkan. Kita ini bersaing dengan SMA Negeri,”ungkapnya.

Usai sambutkan kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan presentasi profile MAN Yogyakarta 1 oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. Dalam presentasinya Aning, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan, MAN Yogyakarta I merupakan madrasah tertua di Yogyakarta. Dikatakan, madrasah ini telah mengalami perjalanan panjang, mulai dari Sekolah Guru Agama Islam (SGHA) tahun 1950-1954, kemudian dengan dinamikanya berubah menjadi Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) tahun 1954-1978, lalu menjadi MAN Yogyakarta 1 mulai tahun 1978 hingga sekarang. “Jadi madrasah ini secara usia sudah cukup tua,”tuturnya.

Banyak hal yang disampaikan Aning. Di antaranya visi misi madrasah, program-program unggulan, kurikulum, kesiswaan, dan strategi sukses untuk kelas XII dalam Ujian Nasional dan masuk Perguruan tinggi, serta prestasi para siswa.

Usai presentasi dan dialog, rombongan dari MAN 1 Sukabumi ini diajak untuk berkeliling melihat lingkungan kampus MAN Yogyakarta 1 dan berkunjung ke perpustakaan MAN Yogyakarta 1 yang telah mendapatkan akreditasi A, serta termasuk dalam 10 perpustakaan terbaik nasional.

“MAN Yogyakarta 1 luara biasa, dari segi prestasinya, banyak lulusan MAN Yogyakarta 1 yang bisa melanjutkan sekolahnya ke luar negeri,”kata Aika Latifa, salah satu peserta studi banding itu. Ia juga berharap agar silaturrohim ini terus bersambung. (Ach/Fn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06