KIR MAN Yogyakarta I Kembangkan Penelitian dalam Bidang Matematika dan Rekayasa

15 Nov 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 1843

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I) –Saat ini Dunia Teknik Otamasi berkembang pesat. Kehadirannya telah banyak membantu peran tenaga manusia. Teknik ini dilakukan karena hasilnya lebih cepat, lebih baik. Baik secara kuantitas maupun kualitas, dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja manusia.

Kalau selama ini Kelompok Ilmiah Remaja(KIR) MAN Yogyakarta I fokus pada Bidang Sains dan Teknologi; dan Bidang Sosial dan Humaniora, kini mulai mengembangkan penelitian pada Bidang Matematika dan Rekayasa.

Mengawali program ini, KIR mengadakan pelatihan penggunaan program Arduino Dasar yang bekerjasama dengan Lembaga Edukasi Robotika Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 29 siswa, di Laboratorium Komputer, Lantai 1, Senin(14/11) kemarin.

Kepala MAN Yogyakarta I Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd berharap agar kegiatan ini menjadikan para siswa kreatif, yang kelak mampu menciptakan teknologi tepat guna, yang banyak memberi manfaat pada kehidupan. “Kegiatan ini bukan hanya untuk lomba tetapi kebermanfaatan,”terangnya, saat membuka pelatihan ini.

Dengan program robotik lanjut Wiranto, dapat meringankan tenaga manusia. Lantas ia mencontohkan, kalau sekarang kain batik masih dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia, kedepannya, hal itu sudah akan digantikan oleh tenaga robot. “Selamat berlatih, semoga ananda bisa menyerap ilmu dalam pelatihan ini dan sukses,”pungkasnya.

Pelatih Karya Ilmiah Remaja(KIR) MAN Yogyakarta I Nur Fathurrahman Ridwan atau yang akrab disapa Kak Ridi menjelaskan, kegiatan ini berlangsung dalam tiga sesi, yaitu pelatihan program Arduino Dasar, Robotik, dan Penulisan Karya.

Seperti diketahui Program Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardware-nya memiliki prosesor Atmel AVR dan software-nya memiliki bahasa pemrograman sendiri. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15

Riliskan Guidebook! Loka Bara II Buka Pendaftaran Lomba bagi Pramuka Penggalang Se DIY-Jateng dan Nasional
08 May 2024, 08:21

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12