Kibarkan Semangat Literasi, Siswa MANPK MAN 1 Yogyakarta Launching Antologi Cerpen Santri

29 Mar 2022, 09:33 MAN 1 Yogyakarta 631

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Salah satu jurusan yang ada di MAN 1 Yogyakarta adalah MANPK. Tujuan jurusan MANPK adalah menghasilkan peserta didik yang kompeten dalam bidang keagamaan (Tafaqquh fiddin); kompeten dalam bidang kebahasaan asing (minimal Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) dan bidang wawasan dan khazanah keislaman. Jurusan ini menyiapkan kader ulama yang berwawasan keislaman, keindonesiaan dan kemodernan sekaligus.

Dengan berbagai tujuan besar tersebut, sangat penting bagi santri MANPK untuk aktif dan cerdas berliterasi. Dengan cerdas berliterasi maka tidak akan menjadi "katak dalam tempurung". Tapi mampu menjadi orang yang berwawasan luas dan arif bijaksana.

Semangat berliterasi santri MANPK diwujudkan antara lain dalam bentuk cerpen. Cerpen santri MANPK MAN 1 Yogyakarta, kemudian dijadikan sebuah antologi dengan judul 'Purnama di Penghujung Malam'. 23 siswa MANPK berkolaborasi dalam antologi cerpen ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr. H. Masmin Afif, M. Ag. menyampaikan, membaca tulisan-tulisan dari siswa MANPK MAN 1 Yogyakarta yang tertuang dalam buku ini, tertangkap kesan kuat bagaimana mereka dibimbing guru-guru yang berdedikasi dan mengabdi. Bimbingan literasi yang diterima siswa MAN 1 Yogyakarta khususnya siswa MANPK mengasah potensi siswa di bidang penulisan. Dan salah satunya terwujud dalam tulisan di buku ini.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, sangat berbangga dengan hasil karya anak-anak ini. “Apresiasi tinggi kepada keluarga besar MAN 1 Yogyakarta, yang bersemangat untuk terus  berkarya, berkontribusi dengan membangun negeri dengan  berbudaya literasi. Dengan kemampuan literasi tinggi, akan menjadi lulusan yang kompetitif , pemimpin yang kreatif, inovatif, professional, dan amanah,” ujarnya.

Antologi cerpen santri MANPK ini juga dilaunching bersama buku produk literasi MAN 1 Yogyakarta yang lain. Launching dilakukan dalam puncak acara Milad ke -72 MAN 1 Yogyakarta, Sabtu (26/03/2022) kemarin, di Hotel Sahid Raya Jl. Babarsari No.2, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (nrs/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54