Ketengahkan Motivasi Belajar, Daffaputera Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Lomba Menulis Cerpen

18 Jan 2022, 10:26 MAN 1 Yogyakarta 730

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Motivasi merupakan suatu hal penting dalam menempuh pendidikan. Begitu juga dengan lingkungan sekitar yang berperan penting sebagai faktor meraih kesuksesan. Hal ini diungkap dalam cerpen karya Daffaputera Tyan Adinata, Siswa MAN 1 Yogyakarta.

Baru-baru ini, karya siswa ini berhasil raih juara 2 lomba menulis cerpen pada "6Th Creativity Day of PGSD College Student yang diselenggarakan STKIP Kusuma Negara Jakarta, 01-31 Desember 2021. 
Saat dihubungi Senin (17/01/2021), siswa yang akrab Daffa ini menceritakan, kompetisi ini, terbuka untuk pelajar jenjang SMA/SMK/MA Se-Indonesia.

“Saya mengangkat suatu permasalahan dari sudut pandang seorang siswa yang memiliki kewajiban menempuh ilmu setinggi-tingginya, namun tidak mendapatkan motivasi atau dukungan untuk dari lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Lanjutnya, karya tulisnya ini, ia beri judul ‘Motivasi Yang Hilang’. “Motivasi merupakan suatu hal  penting dalam menempuh pendidikan. Begitu juga dengan lingkungan sekitar kita yang berperan penting sebagai faktor meraih kesuksesan kita,” ungkap siswa kelahiran Yogyakarta, 05 Juni 2006, putera dari Dedi Nono Hariono dan Bettarani Yan Handayani itu.

Tentu keberhasilannya ini, tidak diraih secara instan, akan tetapi melalui semua tahapan. Antara lain menulis dan menyiapkan teks cerpen sebaik-baiknya, dengan selalu memperhatikan unsur dan struktur cerpen, alur cerita dan diksi yang ada.

Kata Daffa, pengalaman paling berkesan dalam mengikuti lomba ini, yaitu mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang arti apa itu “pendidikan". “Selain itu saya juga mendapat relasi dari peserta SMA lain yang bergabung di grup lomba,” ujarnya.

Kegemarannya menulis cerpen telah ia lakukan sejak SMP. Pasalnya, karena dengan menulis cerpen ia bisa menuangkan apa yang ada dalam pikirannya. “Mencoba mengarang dan mengatur plot-plot cerita yang unik adalah bagian yang paling  saya senangi dalam menulis cerpen,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Memulai Hari Pertama Perkemahan: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Adat Buka Kegiatan dan Pengukuhan Penerimaan Tamu Ambalan
11 May 2024, 07:39

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40