Kembangkan Potensi Siswa, MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Seminar Motivasi Riset, Kewirausahaan dan Penguatan Bahasa Inggris

28 Mar 2022, 13:54 MAN 1 Yogyakarta 810

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Seiring perkembangan zaman, tuntutan akan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa semakin bertambah. Keterampilan tersebut diantaranya adalah kemampuan membuat penelitian, marketing plan, dan penguasaan bahasa asing. Dalam upaya membekali siswa akan keterampilan tersebut, MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Motivasi Penguatan Kemampuan Riset, Kewirausahaan, dan Penguatan Bahasa Inggris (28/3/2022).

Seminar motivasi ini dilaksanakan di aula atas MAN 1 Yogyakarta dengan menghadirkan H. Fahrudin, S. Ag., M. A. (Analis Kepegawaian Kantor WIlayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta) sebagai pembuka dan Didik Purwaka, S. Pd., M. Pd. (Guru SMAN 3 Yogyakarta/Pakar KIR Sagasitas) selaku pemateri.

Fahrudin menuturkan jika saat ini, Kementerian Agama dan madrasah sedang berupaya dalam meningkatkan kualitas untuk menuju madrasah kelas dunia. Hal tersebut sesuai dengan tagline yang sedang digaungkan oleh Kanwil DIY yaitu ‘I Love Madrasah! Mandiri, Berprestasi, Berkelas Dunia.’

Sementara itu, Didik Purwoko, menjelaskan betapa pentingnya riset pada zaman sekarang. Kemampuan untuk memecahkan masalah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dibaikan begitu saja. Melalui riset, siswa akan berlatih untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi/ alternatif yang kemudian bisa ditawarkan kepada masyarakat.

”Melakukan riset itu seru dan tidak terbatas oleh waktu. Tidak terbatas oleh waktu maksudnya adalah bahwa untuk perlombaan-perlombaan riset bagi pelajar itu berjalan begitu banyak dalam setahun. Sehingga apabila gagal pada satu lomba, maka proposal itu tidak sepenuhnya gagal karena masih bisa diperbaiki kembali kemudian diikutkan pada lomba yang lain,” imbuhnya.

Peningkatan kemampuan siswa MAN 1 Yogyakarta ini akan dilaksanakan sampai pada bulan Mei dengan puncak acaranya adalah pameran karya oleh siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta. Pameran Karya ini rencananya akan dilaksanakan berbarengan dengan pengambilan hasil belajar oleh wali siswa, sehingga diharapkan para orang tua siswa dapat melihat hasil karya putra/putrinya yang luar biasa.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memberi bekal awal bagi siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta untuk bisa berkarya dan mengembangkan potensinya, baik saat masih mejadi siswa maupun ketika nanti telah lulus dan menjalani kehidupan di luar madrasah. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07