Kembali Mengukir Prestasi, Siswa MAN 1 Yogyakarta Berhasil Meraih Juara 2 Olimpiade Geografi Nasional 2023

22 Dec 2023, 20:30 MAN 1 Yogyakarta 239

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Kembali membawa pulang prestasi Ahmad Fadhil siswa kelas XI A MAN 1 Yogyakarta berhasil mendapatkan juara 2 Olimpiade Nasional Geografi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Geografi Universitas Indonesia dengan tema “Shaping The Future Of Geography By Becoming Geographers”. 

Fadhil mengungkapkan bahwa lomba diadakan beberapa rangkaian seleksi. Tahap pertama dilakukan secara online pada 7/10/23. Kemudian peserta yang lolos pada tahap pertama akan maju pada tahap kedua yang dilakukan secara offline di UI (Universitas Indonesia) pada 1-3/12/23.

Fadhil juga mengungkapkan bahwa sebelumnya dirinya pernah mengikuti lomba-lomba serupa.

Tentu persiapan yang dilakukan sangatlah banyak terlebih, menurut Fadhil, lomba ini terbilang cukup ketat serta waktu pengerjaan yang panjang.

“Pastinya dalam rangkaian lomba ini ketat banget ya dan panjang. Dari tahap 1 itu soalnya pilihan ganda jadi aku baca ulang dan kuatin konsep-konsep dari materi geografi itu sendiri. Alhamdulillah lolos ke tahap 2, terus aku mulai nyicil-nyicil belajar dan persiapan mencari menganalisis issue yang populer dari fenomena geografi karena tahap 2 itu ada studi kasus. Nah di sini terdapat 3 tes yaitu tes pilihan ganda, tes multimedia, serta pemecahan studi kasus secara berkelompok (membuat PPT lalu dipresentasikan),”  ujar Fadhil. 

Fadhil juga bercerita bahwa dirinya merasa takut dan pesimis apabila timnya tidak lolos pada tahap presentasi namun hal itu terpecahkan dengan terpilihnya Fadhil serta timnya yang berhasil maju untuk presentasi hingga pada akhirnya semuanya berjalan dengan lancar.

Hingga sampailah pada tahap pengumuman yang menyatakan bahwa Fadhil berhasil meraih juara 2 serta sebagai presenter terbaik bersama dengan timnya. 

Tak lupa Fadhil juga menyampaikan beberapa motivasi dan pesan untuk teman-teman MAN 1 Yogyakarta. “Motivasiku yang pertama sebagai anak bungsu aku ingin sekali membahagiakan orang tua, membuat mereka senang dan juga aku ingin menambah wawasan, pengalaman juga relasi pertemanan melalui lomba-lomba ini, karena lomba itu tidak se-menyeramkan itu. Kalau sudah ketemu temen-temen pasti enjoy dan bakalan seneng juga dan tidak lupa guru-guru dan sekolah yang juga support aku.”

“Untuk yang masih ragu ikut lomba-lomba, percaya akan kemampuan diri kalian dan jangan selalu minder. Sesekali minder pasti blunder, percaya diri adalah kunci dari perjalanan ini semua, semangat guys,”  ungkap Fadhil mengakhiri sesi wawancara. (niz)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54