Kelompok Pecinta Alam MAN 1 Yogyakarta Gelar Pendidikan Lanjutan

14 Feb 2017, 04:00 MAN 1 Yogyakarta 1223

this used to be photo

Purworejo(MAN 1 YK)--Kelompok Pencinta Alam MAN 1 Yogyakarta atau dikenal dengan Kelompok Petualang Gunung dan Rimba(KPGR) “Lebah Gunung” gelar pendidikan lanjutan(dikjut), di kawasan Jonggaaran, Donorejo, Kaligesing, Purworejo Jawa Tengah, Ahad(12/2)kemarin.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pendidikan dan latihan (Diklat) yang sebelumnya digelar selama 4 hari, (17-20 Desember 2016)silam, di Klangon, Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Dikjut Muhammad Abyadhu, dikjut -17 ini, diikuti oleh 15 siswa dengan didampingi oleh panitia dan guru pembimbing. Selain itu juga menhadirkan pelatih dari Acintyacunyata Speleological Club (ASC) Yogyakarta, sebuah organisasi pecinta gua.

Lanjut Abyadhu, Panitia dan peserta berangkat dari kampus Sabtu sore. Pukul 16.00 WIB menuju ke Purworejo. Setelah bermalam, kemudian pagi harinya mereka menuju lokasi dikjut. lokasi yang dipilih untuk dikjut ini adalah goa Splawan dan goa Nguik, keduanya berdekatan dan masih di kawasan Jonggaaran, Donorejo, Kaligesing, Purworejo Jawa Tengah.

Abyadhu menambahkan, ragam materi yang diberikan antara lain pemetaan goa, pembentukan kars, dan Speleologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang gua, atau lebih tepatnya ilmu yang mempelajari gua beserta lingkungannya. “Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi peserta dan khususnya anggota KPGR MAN 1 Yogyakarta,”ujarnya.

Sementara itu salah satu peserta Amel Vivi Yohana siswa kelas XI IPA 3 mengaku merasa senang mengikuti kegiatan ini. “Asyik dan seru,”ujarnya, saat ditemui sepulang dari dikjut tersebut. “Banyak pengetahuan tentang goa yang didapatkan dalam dikjut ini,”imbuhnya.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50