Kegiatan Edukatif dan Religi Semarakan Pesantren Ramadhan Di MAN 1 Yogyakarta

12 Jun 2017, 15:47 MAN 1 Yogyakarta 1212

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Momentum Ramadhan 1438 H menjadi lebih bermakna bagi siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Sabtu(10/6) kemarin, seharian penuh mereka mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB di Kampus MAN 1 Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan sholat dhuha dan khataman Al-Quran ‘muqaddman’ di masjid Al-Hakim, kemudian dilanjutkan dengan kajian Islam, pelatihan khutbah Jumat(putra), Fiqhun nisa(putri), dan kisah inspiratif dari difabel serta ditutup dengan acara buka bersama.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan yang bertemakan “Penguatan karakter siswa dalam menghadapi kemajuan zaman” itu, Muhsin Anwar Praktsi SPA, Abdul Karim Amrullah, S.H. dan segenap guru program studi agama MAN 1 Yogyakarta.

Dalam membuka acara Pesantren Ramadhan tersebut, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengajak para peserta untuk benar-benar menggunakan masa muda dengan kegiatan yang baik dan positif. Madrasah ini kata Wiranto, tidak hanya mengutamakan nilai akademik saja, akan tetapi juga sikap dan prilaku atau karakter, yang keduanya sejalan dengan motto madrasah ini yakni “Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami”.

Menanggapi permasalahan media sosial, gadget atau teknologi terkini yang mempunyai pengaruh negatif terhadap perkembangan mental para siswa. Ia menganjurkan agar para siswa menggunakannya dengan bijak. “Waktu banyak terbuang habis, dan mengurangi konsentrasi,”ungkapnya.

Wiranto mengatakan, memang terasa berat untuk meninggalkan gadget tersebut karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Namun demikian, menurutnya pengendalian terhadap kebiasaan tersebut lebih besar manfaatnya.

Walaupun dalam kondisi puasa, tampak para siswa tetap mengikuti ragam kegiatan pesantren Ramadhan tersebut dengan penuh semangat. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50