Kajian Akhwat MAN 1 Yogyakarta: Meningkatkan Iman dan Akhlakul Karimah

20 Feb 2017, 12:34 MAN 1 Yogyakarta 1350

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Organisasi Siswa Intera Sekolah Bidang Rohani Islam(Rohis) atau Romansa El-hakim MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan kajian keakhwatan, Ahad(19/2). Kajian yang bertajuk "Tuntunan Untuk Muslimah Berakhlakul Karimah" ini berlangsung pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB, di aula lantai 2.

Lebih dari 200 remaja putri memadati ruang aula itu. Dengan tidak dipungut biaya apapun, bahkan peserta kajian mendapatkan bingkisan berupa gantungan kunci, stiker, dan kaos kaki/deker. Acara ini diselenggarakan untuk menambah pemahaman peserta terhadap Islam dan mempererat ukhuwah sesama pelajar.

Kajian keakhwatan tersebut telah menjadi bagian dari kegiatan rutin tahunan divisi keakhwatan Romansa El-hakim. Persiapan dilakukan sejak bulan Desember 2016, mulai dari pembentukan panitia dan pengumpulan dana. Kemudian penyebaran informasi dilakukan melalui sosial media dan penyebaran poster di sekolah-sekolah di Yogyakarta.

Kajian ini menghadirkan narasumber Ustadzah Floweria, S.Fp, penulis buku “Make Up Our Mind” dan “Perfect Dreamy Wedding”. Narasumber ini menjelaskan, hal-hal yang menyebabkan lunturnya keimanan, seperti gaya hidup yang buruk dan penyimpangan dalam media sosial.

Ustadzah Floweria juga menyampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan perempuan, seperti adab dalam berinteraksi dengan lawan jenis. Penyampaian materi berlangsung asyik dan santai, terlebih karena gaya penyampaian yang digunakan sesuai dengan peserta yang notabene remaja.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tutorial hijab syar'i oleh tiga peserta kajian. Acara ditutup dengan do'a yang dipimpin langsung oleh ustadzah Floweria dan diikuti peserta dengan khusyu', kemudian dilanjutkan sesi foto bersama.

Menurut salah satu peserta, Mutiara dari SMAN 4 Yogyakarta, acara kali ini berlangsung menyenangkan dengan pembicara yang asyik dan banyak doorprize menarik yang disediakan panitia. "Harapannya, semoga lebih sering lagi diadakan kajian seperti ini,"ujarnya.

Panitia penyelengara juga berharap ke depannya acara dapat berlangsung lebih baik dan lebih bermanfaat.(Tara&rise/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50