Harapan Generasi Bangsa, 136 Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima PTN dan PTS Favorit

13 Jul 2023, 14:49 MAN 1 Yogyakarta 767

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Sebanyak 136 siswa MAN 1 Yogyakarta Alumni Tahun 2023 berhasil diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini menguatkan, madrasah ini senantiasa mempunyai perhatian besar terhadap kelanjutan studi peserta didiknya ke jenjang yang lebih tinggi, baik dalam maupun luar negeri.

Tercatat, jumlah alumni MAN 1 Yogyakarta tahun 2023  sebanyak 282 siswa. Diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), melalui jalur prestasi menggunakan nilai rapor atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 45 siswa, Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 70 siswa, Jalur Mandiri Prestasi PTN 9 Siswa, Jalur Mandiri Tes 5 siswa, Jalur SPAN PTKIN 6 siswa, Jalur ketua OSIS 1 Siswa, serta di Perguruan Tinggi Swasta 7 Siswa.

Mereka tersebar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri antara lain; di UGM, UNY, UNAIR, U Brawijaya, UPN V Jakarta, UPN V Yogyakarta, ITS, Undip, UNUD Bali, Unsoed, Unnes, UNS, IPB, Unpad serta UIN Suka. Bahkan, beberapa siswa tersebut mendapatkan beasiswa penuh di beberapa Perguruan tinggi swasta fovorit.

Selain itu, dua siswa MAN 1 Yogyakarta diterima perguruan tinggi luar negeri; yaitu Fadhil Mufti Putra Fatria Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima di Lima Perguruan Tinggi Luar Negeri, (baca juga: https://diy.kemenag.go.id/35153-fadhil-mufti-putra-fatria-siswa-man-1-yogyakarta-diterima-di-lima-perguruan-tinggi-luar-negeri.html), dan Muhammad Farrel Nugroho di University of Western Australia.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menuturkan, madrasah senantiasa berupaya dan kerja keras dalam memberi layanan pendidikan yang terbaik. Mulai dari seleksi masuk madrasah, pembinaan yang berkelanjutan hingga mempersiapkan para siswa untuk studi lanjut di perguruan tinggi. Hal ini dikuatkan dengan data siswa yang diterima perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, serta luar negeri.

“Alhamdulillah, rasa syukur yang mendalam, semoga mereka yang studi lanjut di perguruan tinggi tersebut, menjadi pemimpin yang amanah, profesional di bidang masing-masing, berkontribusi besar kepada lingkungan masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Menjadi generasi penerus yang menjadi pusat pembangunan peradaban,” harapnya, saat ditemui, Kamis (13/07/2023). (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01