Haka dan Aurellia, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Lomba Debat Perkoperasian Se-DIY

22 Jul 2023, 12:23 MAN 1 Yogyakarta 284

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Perwakilan dari MAN 1 Yogyakarta, Haka Aghitsna dan Aurellia Lysandra, Berhasil untuk kembali raih prestasi, juara 2 dalam lomba debat perkoperasian, Selasa (18/07/2023) dalam rangka semarak hari ulang tahun ke-76 koperasi, tingkat SMA/Sederajat se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara tersebut diadakan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM, Dekopinda Yogyakarta, Absindo Yogyakarta, dan Forum Komunikasi Kota Yogyakarta (FK3Y). Pengusungan tema mengenai “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” kali ini berhasil menyatukan semangat para siswa dari berbagai sekolah di Yogyakarta untuk bersama-sama mengangkat isu-isu penting seputar dunia koperasi.

Cabang perlombaan yang dihelat salah satunya ialah lomba debat dengan topik permasalahan seputar koperasi dan solusi bagi kurangnya partisipasi generasi Z dalam kegiatan berkoperasi.

Dalam hal ini, menariknya, kolaborasi perwakilan dari MAN 1 Yogyakarta, yaitu Haka dan Aurel berjalan sangat lancar. Keduanya seperti telah memiliki chemistry yang baik, menurut keterangan saat wawancara, mereka mengaku sudah membiasakan untuk berlatih bersama sehingga memiliki kesamaan visi dalam menentukan apa yang akan disampaikan. Hal ini terlihat saat lomba berlangsung, mereka mampu mengalirkan argumen dan gagasan dengan baik dan tanpa hambatan.

Dalam menjalani persiapan untuk lomba debat, Haka dan Aurel mengalokasikan waktu singkat, namun sangat memaksimalkan upaya mereka. Mereka mencari berbagai data dan informasi terkait koperasi dengan membaca banyak jurnal serta artikel yang membahas mengenai permasalahan koperasi. Selain itu, mereka juga mengaku memperbanyak dalam berlatih public speaking secara intensif bersama-sama untuk memperkuat kemampuan komunikasi mereka.

Oleh karena itu, dengan adanya prestasi-prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat berkompetisi khususnya bagi siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta serta tentunya mampu mengobarkan semangat dan memperkuat peran koperasi sebagai salah satu pilar penting dalam ekonomi lokal. (rfi/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01