Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 dan Favorit Duta GenRe Tahun 2023

22 Mar 2023, 10:04 MAN 1 Yogyakarta 569

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta yaitu, Ayesha Shifa Maharani (kelas 11 IPS) meraih juara 2 dan Khalisa Nur Sadrina (kelas 11 Bahasa Budaya) menjadi duta favorit pemilihan Duta GenRe DIY Tahun 2023 yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, Ahad (19/03/2023), di Ballrom Hotel Alana Yogyakarta.

Kegiatan ini, diikuti remaja dengan rentang usia 16-21 tahun.  Untuk tahun ini didominasi oleh mahasiswa, namun ada 5 finalis remaja perwakilan sekolah menengah atas. Proses pemilihan cukup ketat, ada 30 finalis, dengan 15 pasang, terdiri dari 15 putra dan 15 putri. Mereka harus mengikuti semua tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, tes tulis, hingga wawancara dan minat bakat.

Khalisa, demikian sapaan akrabnya menerangkan, untuk yang sudah tergabung di PIK-R, itu akan membantu meringankan. Seperti PIK-R Exalta yang membantu proses pemberkasan dan pengurusan surat. Lanjutnya, sebelum grandfinal, semua peserta mendapatkan materi tentang soft skill, GenRe dan program BKKBN, serta mengikuti karantina. 

"Setelah resmi menjadi Duta GenRe DIY tahun 2023, saya akan memberikan sumbangsih kepada GenRe DIY dengan tetap aktif menjadi remaja yang berencana sebagai role model bagi teman sebaya,” tuturnya.

Khalisa juga akan segera mengusulkan dan meluncurkan program GenRe yaitu pencegahan stunting yang dimulai sejak remaja. Kemudian, lebih memperkenalkan GenRe dan tujuannya kepada masyarakat luas, salah satunya melaui media sosial.

Sementara itu, Ayesha menceritakan, Ia tidak menyangka akan dapat meraih juara 2. Pasalnya, ia merasa ragu dan takut, karena mayoritas peserta adalah mahasiswa. Namun, selama berproses ia berusaha untuk memberi yang terbaik, sebagaimana tujuan awalnya bergabung pada forum GenRe DIY ini. 

"Alhamdulillah, saya menjadi juara 2 dan sangat senang tentunya karena dapat membawa nama PIK-R Exalta MAN 1 Yogyakarta saat Grand Final Duta GenRe Tahun 2023," ujar Ayesha yang juga ketua umum PIK-R Exalta MAN 1 Yogyakarta itu. 

Ayesha berpesan untuk adik-adik kelasnya, rasa takut mencoba hal baru mungkin dialami oleh semua orang, namun semua itu dapat diatasi agar tidak kehilangan kesempatan yang berharga. Kemudian menurutnya, yakin pada diri sendiri akan mempunyai dampak pada hasil.  

“Yakin bahwa Allah selalu bersama kita untuk mempermudah segala proses yang sedang kita jalani. Berdoa, tawakal, dan tetaplah rendah hati terhadap orang lain. Ingat, kesuksesan itu sudah menjadi nasib semua orang tergantung apakah kamu mau menjemput kesuksesan tersebut atau tidak,” pungkasnya. (ksa/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Rayakan Milad ke-9 Organisasi Mansa Journalist Gelar Acara Meriah
04 May 2024, 13:33

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15