Dua Siswa MAN 1 Yogyakarta Rebut Penghargaan Mentereng KoSSMI 2023

22 May 2023, 06:04 MAN 1 Yogyakarta 900

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yk) – Alhamdulillah, rasa syukur luar biasa kita panjatkan kepada Allah SWT. Dua siswa perwakilan MAN 1 Yogyakarta yakni Asif Tijani Ahmad dan Ahmad Fadhil, semuanya meraih penghargaan pada pagelaran Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) tahun 2023. Asif Tijani Ahmad meraih Gold Medal sekaligus menjadi peserta dengan raihan skor tertinggi bidang Matematika. Ahmad Fadhil meraih Honorable Mention pada bidang Geografi. Final KoSSMI dilaksankan di Universitas Indonesia, Sabtu (20/05/2023). 

Perjalanan panjang yang ditempuh dua siswa hebat tersebut akhirnya terbayar dengan raihan yang sangat luar biasa. Sebelum berlaga pada babak final kemarin, Asif dan Afad, biasa keduanya dipanggil, telah melewati beberapa babak penyisihan dari ribuan peserta di seluruh Indonesia. Keduanya merasa sangat bahagia dan bersyukur atas kesempatan dan prestasi yang telah Allah anugerahkan kepada mereka. Ditemui sesaat setelah awarding ceremonial, Asif mengaku apabila persiapan yang ia lakukan selama ini adalah belajar dan berlatih soal dengan tekun.

”Tidak terlalu keras tetapi rutin, ” ujarnya.

Sedangkan Afad yang kini masih duduk di kelas X bercerita jika ia selalu mencoba untuk menyempatkan membaca buku dan mencatat materi-materi penting di sela-sela waktu yang ia punya.

”Kendala yang agak susah bagi saya yaitu menyeimbangkan waktu antara belajar materi KBM harian dengan materi olimpiade geografi,” ujar Afad menambahkan.

Ke depannya, Asif yang kini telah diterima di Jurusan S1 Matematika Universitas Gadjah Mada setelah menyelesaikan program SKS 2 tahun di MAN 1 Yogyakarta berencana untuk melanjutkan perjuangannya pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tingkat perguruan tinggi atau yang biasa dikenal dengan ONMIPA. Lain halnya dengan Afad yang masih memiliki waktu cukup panjang di jenjang menengah atas, ia berharap agar hasil baik ini dapat diteruskan dan ditambahkan pada ajang - ajang olimpiade atau lomba sejenis ke depannya.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas raihan prestasi dua siswa MAN 1 Yogyakarta tersebut.

”Alhamdulillah luar biasa. Ajang KoSSMI ini merupakan event nasional tahunan yang begitu bergengsi dan dua representatif kita, Asif Tijani Ahmad dan Ahmad Fadhil mampu membawa pulang prestasi yang membanggakan. Terimakasih dan semoga menjadi barakah untuk ananda dan MAN 1 Yogyakarta,” ucap syukur Wiranto.

Lanjutnya, kerja keras dan doa yang terbayar bagi Asif dan Afad. Ia berharap, prestasi kali ini akan menjadi satu pijakan yang akan membawa keduanya meraih prestasi-prestasi hebat lain.

“Bekerja keraslah setiap saat karena kita tidak tahu usaha mana yang akan membuahkan hasil serta berdoalah setiap saat karena kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan oleh-Nya. Karena keduanya baik maka perbanyaklah,” pungkasnya. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Siap Bimbing 15 Mahasiswa Praktik Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta
24 Jul 2024, 13:27

Perluas Wawasan dan Relasi: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Turut Aktif dalam Kegiatan Raimuna Tingkat Cabang Kota Yogyakarta
24 Jul 2024, 07:58

Peringati Hari Anak Nasional, MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel
22 Jul 2024, 10:13

Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM Gelar Civil Roadshow 2024 di MAN 1 Yogyakarta
20 Jul 2024, 10:20

Menciptakan Pengalaman Berharga, PBB Tonti Sagara Tahun ini Mengusung Tema : Membangun Karakter Kuat Go To E3
20 Jul 2024, 06:20