Dua Siswa MAN 1 Yogyakarta Rebut Penghargaan KoSSMI 2024: Ahmad Fadhil Silver Medalist dan Ramadani Adinata Bronze Medalist

29 May 2024, 20:20 MAN 1 Yogyakarta 397

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Alhamdulillah, rasa syukur luar biasa kita panjatkan kepada Allah SWT. Dua siswa perwakilan MAN 1 Yogyakarta yakni Ahmad Fadhil dan Ramadani Adinata, berhasil meraih penghargaan pada pagelaran Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) tahun 2024. Ahmad Fadhil meraih medali perak di bidang Geografi dan Ramadani Adinata meraih medali perunggu pada bidang Kimia. Final KoSSMI dilaksanakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada hari Ahad, 26 Mei 2024. 

Perjalanan panjang yang ditempuh dua siswa hebat tersebut akhirnya terbayar dengan raihan yang sangat luar biasa. Sebelum berlaga pada babak final kemarin, Afad dan Dani, biasa keduanya dipanggil, telah melewati beberapa babak penyisihan dari ribuan peserta di seluruh Indonesia. Keduanya merasa sangat bahagia dan bersyukur atas kesempatan dan prestasi yang telah Allah anugerahkan kepada mereka. 

Ditemui sesaat setelah awarding ceremonial, Dani mengaku apabila persiapan yang ia lakukan selama ini adalah belajar dan berlatih soal dengan tekun. ”Tidak terlalu keras tetapi rutin,” ujarnya.

Sedangkan Afad bercerita jika ia selalu mencoba untuk menyempatkan membaca buku dan mencatat materi-materi penting di sela-sela waktu yang ia punya.

MAN 1 Yogyakarta sendiri pada grand final KoSSMI tahun ini meloloskan 7 siswa dari kelas X dan kelas XI. Ketujuh siswa hebat tersebut berturut-turut adalah:
Ramadani Adinata Kelas XI A bidang Kimia, Ahmad Fadhil kelas XI A bidang Geografi, Ahmad Rifai kelas XI A bidang Geografi, R.A. Luthfia Hapsari kelas XI A bidang Fisika, Kamilah Zhafira kelas X E bidang Ekonomi, Riany Shafa kelas X D bidang Biologi, dan Fariz Hidayat kelas X E bidang Matematika. 

Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas raihan prestasi dua siswa MAN 1 Yogyakarta tersebut.

”Alhamdulillah luar biasa. Ajang KoSSMI ini merupakan event nasional tahunan yang begitu bergengsi dan dua dari tujuh representasi kita, Ramadani Adinata dan Ahmad Fadhil mampu membawa pulang prestasi yang membanggakan. Terima kasih dan semoga menjadi barakah untuk ananda dan MAN 1 Yogyakarta,” ucap syukur Wiranto.

Kerja keras dan doa terbayar bagi Dani dan Afad. Semoga prestasi kali ini akan menjadi satu pijakan yang akan membawa keduanya meraih prestasi-prestasi hebat lain. Bekerja keraslah setiap saat karena kita tidak tahu usaha mana yang akan membuahkan hasil serta berdoalah setiap saat karena kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan oleh-Nya. Karena keduanya baik maka perbanyaklah. (bai)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Berbagi Pengalaman dan Ilmu Baru, Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Study Discussion
26 Jul 2024, 21:27

Demi Lanjutkan Prestasi Apik di OSN dan KSM, MAN 1 Yogyakarta Jaring Anggota Baru
26 Jul 2024, 21:19

Siapkan Studi Lanjut Luar Negeri, MAN 1 Yogyakarta Gandeng English Academy Ruang Guru
26 Jul 2024, 19:59

Suarakan Aspirasi, MPS MAN 1 Yogyakarta Gelar Sarasehan Aspirasi Siswa
26 Jul 2024, 08:06

Delegasi Raicab Pramuka MAN 1 Yogyakarta Berbagi Pengalaman Usai Upacara Penerimaan Duta Ambalan
25 Jul 2024, 17:05