Dua Penyuluh Anti Korupsi Tersertifikasi KPK Mengisi Podcast MAN 1 Yogyakarta

30 May 2022, 23:57 MAN 1 Yogyakarta 440

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Podcast MAN 1 Yogyakarta, telah menghasilkan beberapa karya yang bermanfaat untuk masyarakat. Dalam karya seri ke-3 yang diluncurkan, mengusung tema Pendidikan Anti Korupsi. Materi ini penting, dikarenakan  Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan, salah satunya adalah masalah korupsi. Korupsi dituding menjadi masalah utama penyebab Indonesia sulit untuk maju. Generasi muda tentunya harus tahu, sehingga mereka siap menerima tongkat pemerintahan  berikutnya.

Dalam podcast seri 3 ini, dihadirkan 2 narasumber Penyuluh Anti Korupsi yaitu Nurokhmah Guru PPKn MAN 1 Yogyakarta yang juga anggota FPAKSI GTK Madrasah dan PAK Siji, dan Ari Sutantriyati founder KJB dan juga Pengurus PAK Siji. FPAKSI GTK Madrasah adalah Forum Penyuluh Anti Korupsi GTK Madrasah di bawah Kementerian Agama RI, PAKSIJI adalah Penyuluh Anti Korupsi Sahabat Integritas Jokja Istimewa, sedangkan KJB adalah Komunitas Keluarga Jujur Bahagia. 

Penyuluh Anti Korupsi adalah bentukan dari KPK. KPK sebagai lembaga utama pemberantasan korupsi di Indonesia melakukan berbagai langkah strategis yang diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan KPK adalah edukasi, yang dilakukan dengan merekrut aktivis masyarakat dari berbagai profesi, untuk menjadi penyuluh anti korupsi tersertifikasi SKKNI. 

Dalam podcast yang dipandu oleh siswa MAN 1 Yogyakarta, Aurellia Lysandra Meisya dan Aura Ramadhani Chandraningrum, dibahas berbagai hal tentang Pendidikan anti korupsi yang perlu diketahui oleh masyarakat. Nurokhmah menyampaikan tentang pengertian korupsi dan langkah-langkah strategis KPK dalam memberantas korupsi. Sedangkan Ari menguraikan nilai-nilai integritas anti korupsi.

“Pendidikan anti korupsi menjadi salah satu strategi pemberantasan korupsi karena dapat menciptakan ekosistem budaya anti korupsi dalam membangun karakter generasi muda. Pendidikan anti korupsi ini juga sangat penting bagi perkembangan psikologis siswa. Di dalamnya ada nilai-nilai yang harus diupayakan terwujud dalam kehidupan sehari-hari sebagai habit tersebut antara lain pendidikan anti korupsi yaitu nilai jujur, peduli, mandiri, tanggung jawab, sederhana, berani, dan adil,“ ungkap Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M. Pd., Senin (29/05/2022). (nrs/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54